Setelah foto itu diposting oleh influencer tersebut yang tentu kami sayangkan dan akhirnya dia meminta maaf, saya rasa ini sudah selesai
Jakarta, 29/1 (Antara) - Pihak Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta berharap insiden selebgram berpose foto sambil menginjak kursi kereta Ratangga MRT, menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

"Setelah foto itu diposting oleh influencer tersebut yang tentu kami sayangkan dan akhirnya dia meminta maaf, saya rasa ini sudah selesai. Kami lihat dari sisi positifnya untuk ke depannya jadi pembelajaran bagi kita semua," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan MRT Muhammad Kamaluddin saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Pembelajaran bagi pihak MRT, kata Kamaluddin, dengan insiden ini nantinya pihak MRT akan menurunkan lebih banyak staf untuk melakukan pengawasan baik yang diturunkan ke lapangan, dan juga yang memantau di kamera pemantau (closed circuit television/cctv).

Selain itu, mereka juga akan melakukan evaluasi internal terkait dengan panduan tata cara dan peraturan saat menaiki moda transportasi ini agar lebih jelas diterima setiap pengguna MRT.

"Ini juga pembelajaran untuk kita semua bahwa ada budaya baru supaya di antara penumpang saling mengingatkan juga. Karena ini juga kan milik kita semua," ujarnya.

Kamaluddin mengharapkan nantinya ketika uji coba publik pada akhir Februari mendatang akan berlangsung baik dan lebih tertib.

Pada saat tahap uji coba tersebut masyarakat bisa mengikutinya cuma-cuma dengan mengisi formulir pendaftaran di laman web resmi MRT Jakarta untuk mendapatkan lembar persetujuan yang harus dibawa saat akan menggunakan MRT.

"Kemudian nanti kami ingatkan pengunjung baik secara verbal dan pengumuman tertulis juga untuk taati peraturan dan jaga fasilitas bersama," ucapnya menambahkan.

Sebelumnya, ulah selebgram menginjak kursi MRT Jakarta saat berfoto pada Senin (28/1) banyak disesalkan di media sosial.

Kendati telah diingatkan oleh petugas, selebgram tersebut tetap memposting foto itu di akun instagramnya. Setelah foto itu diunggah, MRT Jakarta kembali mengingatkan lewat direct message (DM) Instagram dan selebgram itu lalu minta maaf.

Di Instagram, Aqsa Aswar yang juga merupakan atlet jetski, meminta maaf atas foto tersebut dan berjanji tidak mengulanginya.

"Saya minta maaf atas keresehan yang terjadi karena foto saya di kunjungan MRT. Sebelumnya ingin menjelaskan bahwa memang ada miscommunication. Sekali lagi saya minta maaf jika apa yang saya lakukan itu tidak pantas dan tidak akan saya ulangi lagi. Thank you," tulis pemilik akun @aqsaaswar ini di Instagram Story.

Selebgram Ranggaz Laksmana juga menulis ucapan permintaan maaf di Instagram Story. Dia mengaku tidak diberi tahu bahwa ada larangan tertentu.

"Hello guys sorry atas pose photo saya yang meresahkan saat kunjungan MRT siang tadi. Saya juga ingin memberikan info bahwa tadi ada misscom karena saya tidak diberi tahu kalo ada larangan tertentu. Tapi saya tetap mengakui kesalahan saya. Wont happened again thanku," tulis pemilik akun @ranggazlaksmana. 

Baca juga: MRT: saat insiden selebgram injak kursi tidak ada pihak Pemprov

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019