Lampung Selatan  (ANTARA News) - Ratusan pedagang dan warga sekitar Jembatan Pasar Inpres, khususnya warga Gang Patriot Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan menggelar demonstrasi damai meminta pemerintah daerah setempat menyelesaikan pembangunan Jembatan Pasar Inpres Kalianda.

Saat tiba di depan kantor Bupati Lampung Selatan (Lamsel), di Kalianda, Rabu, para pengunjuk rasa itu langsung ditemui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto.

Nanang di hadapan masyarakatnya menegaskan pembangunan Jembatan Pasar Inpres akan selesai sebelum bulan Ramadhan mendatang.

"Tiga bulan ini kita selesaikan, mudah-mudahan sebelum bulan puasa (Ramadhan) jembatan ini sudah bisa digunakan," ujar Nanang.

Namun, Nanang juga meminta masyarakat untuk bersabar, karena proses pengerjaan jembatan yang menjadi urat nadi warga Kota Kalianda dan sekitarnya itu masih dalam proses pengerjaan.

"Kita semua tahu, Kabupaten Lampung Selatan baru saja terkena musibah tsunami yang memporak-porandakan sejumlah wilayah pesisir pantai. Saya minta masyarakat juga bisa memahami situasi ini," kata Nanang pula.

Lebih lanjut Nanang menjelaskan bahwa pembangunan Jembatan Pasar Inpres itu sama sekali tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Namun, katanya, proses pembangunannya melibatkan sejumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Lamsel melalui dana Corporate Social Resposibility (CSR).

"Perlu diketahui, waktu itu masih transisi, dan anggaran pemerintah daerah nol. Jadi saya berinisiatif melakukan percepatan dengan mengumpulkan perusahaan untuk membantu pembangunan jembatan ini melalui dana CSR," ujar Nanang pula.

Nanang berharap, warga bisa kembali pulang dengan tertib, karena Pemkab Lamsel sudah mendengar aspirasi dan berjanji akan memenuhi permintaan pengunjuk rasa.

"Jadi ini tidak pakai APBD sedikit pun. Intinya, sebelum puasa sudah selesai," kata Nanang menegaskan.

Aksi damai ratusan massa di depan kantor Bupati Lamsel itu, berjalan aman dan tertib.

Ratusan personel gabungan dari Polres Lamsel, Kodim 0421, serta Sat Pol PP Lamsel diturunkan untuk mengamankan aksi damai tersebut.

Baca juga: Destinasi wisata di Kalianda rusak akibat tsunami
Baca juga: Jokowi blusukan ke Pasar Gintung Lampung

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019