Selain mendorong agar warga bercocok tanam, hal ini juga untuk memotivasi warga bahwa potensi pertanian di Mulia sangat menjanjikan jika hal itu dikelola dengan baik
Jayapura,  (ANTARA News) - Sejumlah bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 1714-01/Mulia membantu warga setempat membersihkan lahan di Kampung Trikora, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua guna mendorong kegiatan bercocok tanam.

"Upaya bersih-bersih lahan oleh Serda Danu Suryanta bersama rekan-rekannya sesama Babinsa adalah untuk mendorong warga Kampung Trikora agar giat bercocok tanam," kata . Dandim 1714/Puncak Jaya Letkol (Inf) Agus Sunaryo ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa Serda Danu Suryanta selaku Babinsa di Kampung Trikora selalu mendorong warga binaannya untuk bercocok tanam.

Menurut Agus, Serda Danu mengajak beberapa rekannya sesama Babinsa mendatangi sejumlah lahan milik warga setempat, salah satunya lahan milik Amiron Wonda yang luasnya kurang lebih satu hektare.

"Bersama rekan-rekannya, Serda Danu langsung membantu Bapak Amiron Wonda membersihkan lahannya guna ditanami sejumlah tanaman sayuran yang nantinya bisa dikonsumsi sendiri atau dijual ke pasar tradisional di Mulia," katanya.

Melihat para Babinsa yang semangat dalam membantu membuka lahan, lanjut Agus, warga sekitar pun langsung bergotong royong untuk menyelesaikan pembersihan rumput dan pembukaan lahan tersebut.

"Selain mendorong agar warga bercocok tanam, hal ini juga untuk memotivasi warga bahwa potensi pertanian di Mulia sangat menjanjikan jika hal itu dikelola dengan baik. Sementara kami sebagai prajurit TNI, lewat Babinsa bisa meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat," katanya.

Agus juga menambahkan apa yang dilakukan oleh Serda Danu dan rekan-rekannya sesama Babinsa, selain mendorong warga untuk bercocok tanam juga untuk membantu pemerintah setempat agar ketersediaan pangan lokal selalu terpenuhi, seperti ubi jalar atau hipere, talas, dan sayuran lainnya seperti kol dan wortel.

Baca juga: Kisah putra petani Papua lulus perwira akademi AL

Baca juga: Petani kakao Jayapura masuk kategori terbaik

Baca juga: OPM Ganggu Petani di Tanah Hitam, Jayapura

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019