Gubernur meminta pemilik proyek untuk memeriksa kembali seluruh saluran
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta kepada para pengelola proyek agar jangan sampai ditemukan saluran air yang tertutup di areal proyek sehingga mengakibatkan banjir.
     
"Nanti kita akan minta untuk diperiksa ulang. Kita ingin agar semuanya pekerja memastikan terutama pengelola proyek bahwa jangan ada saluran air yang tertutup," kata Anies di Jakarta, Kamis.

Dia mengingatkan kejadian tahun 2018 di kawasan, "underpass" Cawang, Jakarta Timur yang tertutup oleh pembatas jalan yang dipasang oleh kontraktor.

"Jadi salurannya lancar, tapi menuju salurannya terhambat nanti harus diperiksa lagi," kata Anies.
     
Sementara itu, jalan di DKI Jakarta pada Rabu pagi tergenang air dengan ketinggian 10 hingga 40 sentimeter akibat curah hujan yang tinggi pada Rabu dini hari, kata Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.
     
Menurut data BPBD DKI Jakarta hingga pukul 06.00 WIB, terdapat dua kecamatan di Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang terdampak genangan yakni Jalan Raya Kelapa Hibrida, Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Jalan Taman Sari Raya, Tamansari, Jakarta Barat.
     
Ketinggian genangan air di kawasan Kelapa Gading sekitar 30 hingga 40 sentimeter. Sementara di Tamansari sekitar 10 sampai 15 sentimeter. Genangan itu disebabkan karena curah hujan tinggi dan faktor lainnya.
     
"Untuk Kelapa Gading, penyebabnya dari curah hujan tinggi, ditambah  adanya pekerjaan proyek enam ruas jalan tol,"  kata BPBD DKI.
     
Sedangkan untuk wilayah Tamansari, penyebab timbulnya genangan karena curah hujan tinggi dan saluran drainase yang sempit.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019