Wapres JK melayat Awaloedin Djamil

Wapres JK melayat Awaloedin Djamil

Wakil Presiden Jusuf Kalla melayat jenazah mantan kapolri Jenderal (Purn) Awaloedin Djamil di Jakarta, Jumat (1/2/2019). (Biro Pers Setwapres)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla melayat mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaloedin Djamil di rumah duka di Jl Daha III No.7 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat pagi.

Wapres berada di rumah duka selama kurang lebih 25 menit sebelum berangkat menuju Istana Wakil Presiden Jakarta untuk menerima tamu dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Sebelumnya, pada saat menghadiri perayaan HUT Awaloedin Djamil ke-90 di Hotel Dharmawangsa pada 26 September 2017, JK menilai Awaloedin sebagai sosok yang luar biasa karena mampu memegang sejumlah jabatan mulai dari birokrat, menteri, akademisi hingga anggota DPR.

“Luar biasa, beliau ini manusia komplit. Di antara kita, khususnya di ruangan ini, susah mencari orang yang begitu banyak jabatannya,” kata JK saat itu.

Awaloedin lahir di Padang, Sumatera Barat, 26 September 1927 silam.

Sebelum menjabat sebagai kapolri pada 1978-1982, dia pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja saat Kabinet Ampera pada era Presiden Soeharto pada tahun 1966-1967.

Semasa hidup, Awaloedin menerapkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang mengikutsertakan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungannya.

Sebagai Kapolri kedelapan di republik ini, Awaloedin juga didapuk sebagai Bapak Satpam Indonesia karena dia mempelopori lahirnya satpam. 

Baca juga: Mantan Kapolri Jenderal Purn Awaloedin Djamin berpulang
Baca juga: Presiden berbincang santai dengan para mantan Panglima TNI dan mantan Kapolri


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar