Solo (ANTARA News) - Para pelaku usaha yang tergabung dalam organisasi relawan Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi siap mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma`ruf Amin, pada Pemilu 2019.

"Organisasi relawan yang berbasis massa para pengusaha dan pekerja di bidang perkayuan dan mebel serta lintas profesi ini akan mendukung Jokowi-Ma`ruf Amin pada pilpres April mendatang," kata Ketua DPP Sekabel Jokowi, Setyo Wisnu Broto, di Solo, Jumat.

Menurut Setyo Wisnu Broto, Sekabel Jokowi ini akan mendeklarasikan dukungan yang rencananya akan dihadiri oleh capres Jokowi, dan dihadiri ribuan pengusaha perkayuan serta pekerjanya, di De Tjolomadoe Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada Minggu (3/2).

"Sekabel Jokowi sebelumnya telah menyosialisasikan capres nomor urut 01 itu, dan melakukan gerakan sosial kemasyarakatan di berbagai daerah di Indonesia," kata Setyo Wisnu.

Setyo Wisnu mengatakan, selain pak Jokowi, acara deklarasi juga akan dihadiri para elite Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma`ruf, antara lain Erick Thohir, Luhut Binsar Panjaitan, dan Moeldoko.

"Insya Allah, Pak Jokowi, yang dulu juga sama, seorang pengusaha perkayuan dan mebel, akan hadir di acara deklarasi Sekabel," katanya didampingi Sekjen Sekabel Jokowi, Hari Basuki, dan Dewan Pembina Sekabel Jokowi, Begug Djoko Winarso.

Setyo mengatakan, kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan antara lain pengobatan gratis di Desa Serenan, Juwiring, Klaten pada awal Januari 2019, dan penghijauan di Polokarto, Sukoharjo awal Desember 2018.

"Kami mendukung pak Jokowi, karena sama-sama pengusaha perkayuan dan mebel. Kami memiliki sekitar 11 juta hingga 13 juta anggota baik pengusaha maupun pekerjanya di Indonesia. Sekabel ini memiliki semboyan satu untuk semua, semua untuk satu," katanya.

Menurut Setyo Wisnu, Sekabel Jokowi bersifat sukarela, sosial, tanpa membeda-bedakan ras, suku, agama, golongan serta latar belakang sosial politik kemasyarakartan. "Intinya, Sekabel Jokowi pluralis," katanya.

Sekjen Sekabel Jokowi Hari Basuki mengatakan para pengusaha kayu dan mebel serta pekerjanya pada Pilpres 2014 juga mendukung Jokowi, tetapi masih dalam kelompok-kelompok kecil.

"Namun kini para pengusaha kayu dan mebel sudah membentuk Sekabel yang lebih besar untuk mendukung Jokowi, karena beliau pemimpin yang punya kompetensi, integritas, punya rekam jejak yang elok, bersih serta antikorupsi," kata Hari Basuki, seorang pengusaha kayu dan mebel asal Jakarta.

Sekabel Jokowi, kata Hari, para Pilpres 2019 melibatkan kaum milenial yang tidak lain putra/putri pekerja serta pengusaha kayu dan mebel untuk memenangkan Jokowi sebagai Presiden RI periode 2019-2024.

Menurut Hari, divisi milenial Sekabel Jokowi jumlahnya cukup banyak. Mereka kelahiran tahun 2000-an yang memiliki hak pilih. Ini berarti massa pendukung pak Jokowi di seluruh Indonesia semakin besar dan kuat.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2019