counter

Metropolitan

Charta Politika: PDI Perjuangan unggul di DKI Jakarta

Charta Politika: PDI Perjuangan unggul di DKI Jakarta

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, mempresentasikan hasil survei terbaru Charta Politika, di Jakarta, Senin (11/2/2019). (Antaranews/Riza Harahap)

Kesimpulan tersebut didasarkan pada jawaban responden dari pertanyaan, seandainya pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR RI dilaksanakan pada hari ini, dan diikuti oleh partai-partai politik, partai apa yang bapak/ibu/saudara pilih?
Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei dari Charta Politika Indonesia menyimpulkan jika pemilu 2019 dilaksanakan saat ini, maka PDI Perjuangan akan menjadi pemenang pemilu  di DKI Jakarta.

Hasil survei tersebut disampaikan oleh Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, kepada pers di Jakarta, Senin. Hadir pada kesempatan tersebut beberapa calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta.

Mereka adalah, dari dapil DKI I yakni, Mardani Ali Sera (PKS), Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio (PAN), Rian Ernest (PSi). Dari dapil DKI II yakni, Syahrono (Partai Nasdem) dan Tsamara Amani (PSJ). Kemudian, dari dapil DKI III yakni, Charles Honoris (PDI Perjuangan).

Menurut Muslimin, kesimpulan tersebut didasarkan pada jawaban responden dari pertanyaan, seandainya pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR RI dilaksanakan pada hari ini, dan diikuti oleh partai-partai politik, partai apa yang bapak/ibu/saudara pilih?

Jawaban dari para responden, menurut Muslimin, disimpulkan dari masing-masing dapil, meliputi, dapil DKI Jakarta I, yakni PDI Perjuangan dipilih oleh 17,6 persen responden, Partai Gerindra (14,0), Partai Golkar (9,8), dan PKB (8,6), dan Partai Demokrat (4,9).

Di dapil DKI Jakarta II, Partai Gerindra dipilih oleh 27,0 persen pemilih, PDI Perjuangan (24,6), PKS (8,3), PKB (4,3), dan Partai Golkar (4,1). Kemudian, di dapil DKI Jakarta III yakni, PDI Perjuangan dipilih oleh 29,4 persen responden, Partrai Gerindra (21,1), PKS (7,0), Partai Golkar (5,5), PAN (5,1), dan PKB ($,0).

Muslimin menjelaskan, Charta Politika melakukan survei di tiga dapil di DKI Jakarta pada 18-25 Januari 2019 dengan melakukan wawancara tatap muka terhadap responden, yakni sebanyak 800 orang responden pada setiap dapil. Faktor "margin error" untuk setiap dapil, kata dia, adalah 3,4 persen.







 

Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar