Jakarta, (ANTARA News) - Gordon Banks, kiper yang ikut berjasa mengantar Inggris ke tangga juara Piala Dunia 1966 meninggal pada usia 81 tahun, Selasa.

Berkat prestasinya, Banks pernah dinobatkan oleh FIFA sebagai kiper terbaik selama enam kali dan telah memperkuat tim nasional Inggris sebanyak 73 kali.

Namanya semakin dikenal karena berhasil menggagalkan tendangan Pele saat Inggris berhadapan dengan Brazil di Piala Dunia 1970.

Dilahirkan di Sheffield, Inggris, Banks pernah mengantar Stoke dan Leicester City ke tangga juara Piala Liga, sebelum mengundurkan diri pada 1973.

"Sungguh sangat menyedihkan bahwa kami harus mengumumkan Gordon meninggal dunia dengan damai," demikian diumumkan keluarga Banks.

"Kami sangat kehilangan dia, tapi kami juga sangat gembira karena memiliki kenangan dan kebanggaan bersama dia."

Banks mengawali karir di Chesterfield, sebelum bergabung dnegan Leicester pada 1959 dengan kontrak senilai 7.000 poundsterling,  di mana ia kemudian menjadi pemain nomor satu Inggris.

Ia untuk pertama kalinya membela tim nasional Inggris pada 1963 saat menghadapi Skotlandia.

Puncak prestasinya adalah pada Piala Dunia 1966 ketika mengantar Inggris tampil sebagai juara setelah di final yang berlangsung di Stadion Wembley, mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2.

Baca juga: Ochoa tersanjung diperbandingkan dengan Gordon Banks

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019