counter

Metropolitan

Anies : Kawasan Pecinan Glodok harus dikembangkan

Anies : Kawasan Pecinan Glodok harus dikembangkan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menghadiri Festival Pecinan di Glodok, Jakarta Barat, Selasa (19/02/2019). ANTARA News/Susylo Asmalyah

Diharapkan tempat  Festival Pecinan di Pancoran China Town Point jadi tempat yang menarik bukan cuma bagi warga Jakarta tapi juga warga global karena ini salah satu kawasan pecinan yang khas.      
Jakarta (Antara) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap dapat melestarikan dan mengembangkan kawasan Pecinan, Glodok, Jakarta Barat yang sudah ada sejak zaman kolonial.
   
"Kalau dilestarikan (kawasan ini) hanya jadi peninggalan masa lalu, kalau dikembangkan dia jadi bagian dari masa kini dan masa depan," kata Anies saat Festival Pecinan di Glodok, Jakarta Barat, Selasa.
     
Menurutnya kebudayaan jangan hanya dilestarikan karena  akan menjadi museum namun juga harus juga dikembangkan termasuk budaya masyarakat Tionghoa di Jakarta.

"Kalau dikembangkan sesuai zaman, maka generasi berikutnya pun akan menjaganya," ujarnya.
 
Dikatakannya pula bahwa Festival Pecinan yang diselenggarakan keluarga besar perhimpunan Indonesia-Tionghoa ini merupakan acara tahunan yang harus dilanggengkan karena merupakan bagian dari kebudayaan di Jakarta.
   
"Festival ini jadi kesempatan bagi kita semua untuk menunjukan bahwa betapa indahnya kita bersama. Jakarta harus terus bisa jadi rumah bagi siapa saja, tempat yang aman damai bagi kita semua. Ini adalah kota kita, tanah kita, mari kita jaga sama-sama kedamaian, persaudaraan dan suasana yang sejuk dan teduh di kota ini," kata Anies.
     
Gubernur secara khusus juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga  besar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) yang telah menjadi jembatan menjaga persatuan.
   
"Persatuan itu hasil usaha, hasil ikhtiar. Sering kali kita lupa jaga persatuan padahal ini yang menjadi kekuatan kita dan INTI telah memainkan peran besar dalam menjaga persatuan, saya harap para pengurus INTI terus konsisten menjaga persatuan bangsa kita," kata Gubernur.
   
Diharapkan tempat  Festival Pecinan di Pancoran China Town Point jadi tempat yang menarik bukan cuma bagi warga Jakarta tapi juga warga global karena ini salah satu kawasan pecinan yang khas.
     
Dimana kawasan tersebut yang memiliki sejarah ratusan tahun, yang akan menarik bagi wisatawan domestik maupun internasional. Kawasan pecinan ini harus jadi salah satu tujuan wisata utama di ibu kota Jakarta.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemprov DKI siap tanggung pengobatan korban kericuhan

Komentar