Berau (ANTARA News) - Sejumlah relawa
Trakindo mengajak para siswa tingkat dasar untuk memahami nilai kejujuran di SDN 001 Samburakat, Berau, Kalimantan Timur.

Para relawan dari jurnalis dari berbagai media ini, menjadi pengajar di kelas IV, V dan VI untuk berbagi pengalaman tentang kejujuran.

Salah satu jurnalis Salman Toyibi mengatakan kali ini merupakan pertama kalinya dia mengajar dan menjadi pengalaman yang menarik.

"Saya pikir mengajar anak SD tidak sulit, ternyata butuh kesabaran ekstra," kata dia.

 Corporate Communication & CSR Manager Trakindo Candy Sihombing mengatakan tema kejujuran dipilih untuk kegiatan relawan Trakindo karena nilai kejujuran menggambarkan kepribadian seseorang yang memiliki karakter unggul. 

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat berkontribusi pada penguatan pendidikan karakter siswa yang akan membentuk mental tangguh, gigih, dan jujur, sekaligus menumbuhkan integritas tinggi dalam menghadapi berbagai tantangan pada diri anak-anak Indonesia," kata dia.

Kepala Sekolah SDN 00Samburakat Anggunan Tunggal, mengatakan karakter kejujuran merupakan salah satu tata nilai yang diutamakan dalam paradigma pendidikan membentuk karakter, yang tercantum pada Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015-2019. 

Siswa diarahkan agar dapat konsisten serta teguh dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, mengedepankan kebenaran dalam tindakan, memiliki integritas, serta mampu mengemban kepercayaan.

“Nilai kejujuran menggambarkan kepribadian seseorang yang memiliki karakter unggul. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan juga antusiasme relawan yang memberikan siswa pengalaman serta pengetahuan yang inspiratif terkait pentingnya menjaga kejujuran,” kata Anggunan.

Program teraebut merupakan salah satu kegiatan tanggung jawab sosial di bidang pendidikan yang rutin dilaksanakan di 40 SDN binaan Trakindo di seluruh Indonesia sejak 2013.

 Inisiatif ini bertujuan untuk memajukan pendidikan berbasis karakter dengan melestarikan, memperkokoh dan menerapkan nilai-nilai kebudayaan Indonesia, serta menumbuhkan kerelawanan sosial para karyawan. 

Selain program relawan mengajar ada juga  pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan di SDN 001 Samburakat.

Pelatihan dilakukan untuk membantu peningkatan kapasitas guru dan tenaga kependidikan untuk kemudian diterapkan pada siswa di sekolah dengan tujuan menciptakan generasi penerus yang memiliki kompetensi unggul abad 21.

 Pelatihan kali ini berisi tentang pendalaman materi literatif, pembentukan kelompok gerakan literasi sekolah, serta penyusunan program gerakan literasi sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan deklarasi gerakan literasi yang melibatkan guru dan orang tua murid.

SDN 001 Samburakat adalah salah satu sekolah dasar binaan yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Trakindo, yaitu menghasilkan generasi muda Indonesia yang berkarakter unggul dan berkualitas.  Sekolah ini pun memiliki berbagai prestasi antara lain menjadi Juara 2 & 3 Sekolah Sehat, dan Sekolah Adiwiyata pada tahun 2016. 

Upaya berkelanjutan Trakindo untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan berbasis karakter bagi 40 SDN binaan dilakukan sejak 2010 meliputi renovasi sekolah, pembinaan, dan pelatihan guru. Hingga saat ini, lebih dari 500 kelas telah direnovasi, 15.000 siswa serta 1.000 guru telah memperoleh manfaat dari program ini.

Baca juga: 55 relawan asing akan mengajar di indonesia

Baca juga: Sekolah terpencil di Nagan Raya-Aceh mendapat bantuan pengajar dari prajurit TNI


 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019