Rumah habis terbakar karena mobil pemadam tidak bisa masuk. Meskipun begitu sekarang titik api sudah berhasil dipadamkan,
Sabang, Aceh,  (ANTARA News) - Pemerintah Kota Sabang langsung menyalurkan bantuan darurat kepada dua kepala keluarga yang rumahnya terbakar di Gampong (Desa) Kuta Atas, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

"Yang tabah ya pak,  ini semua cobaan Allah SWT untuk hamba-Nya," kata Sekretaris Daerah Pemkot Sabang Zakaria kepada korban rumah terbakar, Sumadi Wongso (53) di lokasi kejadian di Sabang, Kamis.

Pernyataan ini disampaikansaat menyalurkan bantuan masa tanggap darurat untuk keluarga korban dan langsung diantar oleh Sekda Kota Sabang serta didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kota Sabang Muhammad Amin.

Pemkot Sabang juga telah mengantarkan sandang dan pangan kepada dua keluarga korban kebakaran guna memenuhi kebutuhan tahap awal atas penanganan musibah tersebut.

"Sabar, yang sabar ya pak," katanya sembari mengelus-ngelus bahu korban, sementara korban pun terlihat meneteskan air matanya.

Rumah setengah permanen milik Sumadi Wongso (53) dan kakak kandungnya, Marlin (55), warga Lingkungan Tapak Gajah, Kuta Atas, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang terbakar sekitar pukul 14.30 WIB. Penyebab kebakaran diduga masalah korsleting listrik.

Meskipun sudah bekerja keras, puluhan petugas BPBD Sabang dibantu personel babinsa dan babinkamtibmas setempat belum mampu memadamkan api dengan segera karena mobil pemadam tidak bisa menuju titik api.

"Mobil pemadam tidak bisa masuk ke lokasi karena jalannya sangat sempit," kata Muhammad Amin.

Ia mengakui pemadaman sulit dilakukan karena jarak rumah lebih dari 50 meter dari jalan utama, sehingga mobil pemadam terpaksa parkir jauh dari titik api.

"Rumah habis terbakar karena mobil pemadam tidak bisa masuk. Meskipun begitu sekarang titik api sudah berhasil dipadamkan," kata dia.

Petugas BPBD Kota Sabang bersama warga setempat, personel babinsa serta babinkamtibmas memindahkan sejumlah material yang terbakar itu ke tempat aman.

Petugas Kepolisian Resor Kota Sabang hingga berita ini diturunkan masih melakukan oleh tempat kejadian perkara terkait dengan kejadian itu.

"Sekarang kita sedang melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran," kata seorang petugas kepolisian di lokasi.

Baca juga: Kebakaran empat toko di kawasan Sabang dipadamkan

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019