Kita harus terus melestarikannya. Banyak nilai kearifan lokal dari budaya tradisi yang menjadi panduan bagi kita
Oleh Juraidi dan Imam Fauzi

Langkat, Sumut (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, Sumatera Utara, mengajak masyarakat di daerah itu untuk tetap melestarikan budaya tradisi karena memiliki kearifan lokal yang dapat menjadi filter budaya asing yang tidak sesuai norma bangsa.

"Kita harus terus melestarikannya. Banyak nilai kearifan lokal dari budaya tradisi yang menjadi panduan bagi kita," kata Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin, saat menghadiri "pesta budaya kerja tahun" di Desa Besadi, Kecamatan Kuala.

Ia menambahkan "pesta budaya kerja tahun" merupakan salah satu adat Karo, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas hasil panen maupun rencana penanaman bibit yang diharapkan memberikan hasil maksimal.

"Rasa syukur ini harus diwujudkan, karena kita manusia memiliki keterbatasan, sehingga harus selalu berharap kepada sang pencipta," tambahnya.

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya menjalin kekerabatan, bersilaturahmi, serta menguatkan persaudaraan.

Untuk itu diharapkan dengan terselenggranya acara tersebut segala permasalahan dalam hubungan sosial dapat terselesaikan dan saling membantu dengan semangat gotong royong.

"Untuk hari ini dan seterusnya, mari semangat saling membantu tersebut, harus selalu kita tanamkan dan kita biasakan, karena kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Langkat, khususnya masyarakat Kuala, atas kepercayaan memilih dirinya sebagai Bupati Langkat dan untuk itu ia selalu mengharapkan dukungan agar berbagai program pembangunan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

"Jangan sampai perbedaan suku, agama maupun partai politik membuat renggangannya persatuan yang selama ini telah terbina dengan baik. Mari bersatu untuk membangun Langkat lebih maju dan sejahtera," demikian  Terbit Rencana Perangin-angin.

Baca juga: Langkat gelar festival tari tradisional tiga etnis

Baca juga: HUT Langkat dimeriahkan penampilan 14 etnis

Baca juga: Putri Langkat juara Festival Nasyid Sumatera Utara

Pewarta: Juraidi dan Imam Fauzi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019