Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik 1.125 pejabat di 38 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Senin.
   
"Dengan ini secara resmi melantik saudara dalam jabatan yang baru di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan Semoga  Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita," kata Anies.
   
Anies menjelaskan rotasi dan mutasi  ini memiliki dua tujuan, yakni tujuan secara personal bagi pejabat baru sebagai  
penyegaran perlu dilakukan dengan memberikan kesempatan untuk mencari pengalaman baru.
   
"Ada orang-orang baru yang memegang wewenang tempat-tempat yang sudah cukup panjang dikelola oleh orang yang sama. Karena itu, kita berharap pribadi baru ini membawa penyegaran, membawa suasana yang baru," kata Gubernur.
   
Mereka mendapatkan amanat baru, tugas baru dan tangung jawab baru.  Pelantikan ini bagian dari dua agenda penting dan Pemprov DKI berkepentingan untuk melakukan pembaharuan di setiap posisi yang ada.
     
"Rotasi dan mutasi bagian dari kewajaran, organisasi butuh kebaruan. Pribadi baru yang ditugaskan diharapkan akan membawa suasana baru, pendekatan baru, menciptakan atmosfer baru khususnya di dalam lingkungannya," kata Anies.
   
Gubernur berpesan bahwa pejabat yang dilantik harus  menerima jabatan baru sebagai kepercayaan.  Pemprov DKI menitipkan sebagian tanggung jawab di pundak mereka sebagai amanat untuk dijaga, dijunjung dan jangan dipandang sebagai beban tapi merupakan kehormatan. 
     
Ditambahkannya bahwa menjadi pejabat bukan hanya pemegang otoritas, tapi menentukan kebijakan. "Janga hanya jadi pejabat, tapi jadi pemimpin, bukan hanya pejabat ditentukan pada otoritas yang dimiliki, tapi diikuti anak buah secara sukarela sepenuh hati," kata Anies.
Baca juga: Anies akan terima nama Cawagub dengan tanda tangan lengkap
Baca juga: Anies tegaskan Pergub Pengelolaan Rusun harus dijalankan
Baca juga: Pemprov DKI bekerja sama dengan BPPT bangun sistem kelistrikan microgrid

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019