Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan mendukung ASEAN-Korea Centre (AKC) dengan berpartisipasi dalam kegiatan ASEAN Train untuk memperingati 30 tahun kerja sama kemitraan ASEAN-Republic of Korea (ROK) Commemorative Summit.

Kegiatan yang diselenggarakan pemerintah Korea Selatan ini sebagai upaya untuk memperkenalkan budaya dan kreativitas negara anggota ASEAN kepada masyarakat Korea Selatan.

"Program ASEAN Train merupakan kesempatan Indonesia memperkenalkan budaya dan kreativitas Indonesia agar lebih dikenal masyarakat Korea Selatan," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arlinda lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta kedekatan antara masyarakat kedua negara yang nantinya berpengaruh kepada sektor pariwisata, investasi, dan perdagangan Indonesia.

Pemerintah Korea Selatan menunjuk AKC sebagai pihak penyelenggara ASEAN Train.

Persiapan kegiatan ini dibahas dalam Pertemuan Tahunan Direksi Dewan AKC ke-11 pada 18—19 Februari 2019 di Seoul, Korea Selatan yang dihadiri oleh para direksi dewan serta perwakilan direksi dewan negara anggota ASEAN dan Korea Selatan.

"Indonesia menegaskan dukungan dan kesiapannya dalam menyukseskan kegiatan ini. Kami juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Ekonomi Kreatif, dan kementerian terkait untuk melakukan persiapan lebih lanjut," jelas Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan.

Dalam kegiatan ASEAN Train, sebanyak 200 peserta yang berasal dari negara-negara anggota ASEAN akan mengunjungi empat kota di Korea Selatan yaitu Seoul, Busan, Gwengju, dan daerah perbatasan Korea dengan menggunakan kereta.

Di setiap kota, para peserta akan mempersembahkan pertunjukan dan pameran kebudayaan negaranya masing-masing. Dengan begitu, akan lebih banyak masyarakat Korea Selatan yang mengenal budaya negara-negara ASEAN.

AKC merupakan organisasi internasional hasil kerja sama Korea Selatan dengan ASEAN yang telah berdiri sejak tahun 2008.

Tujuan dari organisasi ini adalah untuk mempromosikan perdagangan, investasi, pariwisata, dan program hubungan antarmasyarakat Korea Selatan dengan negara anggota ASEAN.

Setiap tahunnya AKC menyelenggarakan pertemuan jajaran direksi dewan AKC untuk membahas rencana program tahun berjalan.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019