Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Rusia mempersiapkan sejumlah kegiatan dalam rangka menyambut Peringatan 70 Tahun Hubungan Bilateral RI-Rusia yang jatuh pada 3 Februari 2020, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Selasa.

Kegiatan untuk peringatan hubungan bilateral Indonesia-Rusia itu dibahas dalam pertemuan ke-3 Forum Konsultasi Bilateral antara Kemlu RI dan Kemlu Rusia, yang dipimpin oleh Dirjen Amerika dan Eropa Kemlu RI, Muhammad Anshor dan Deputi Menlu Rusia untuk Kawasan Asia Pasifik, Igor Morgulov.

Kegiatan yang dipersiapkan, antara lain Sayembara Logo 70 Tahun Hubungan Bilateral, peluncuran perangko bersama, peluncuran buku sejarah dan dokumentasi, seminar umum, forum bisnis, pertunjukan kebudayaan dan peresmian monumen peringatan.

Berbagai kegiatan tersebut akan banyak melibatkan partisipasi publik dan masyarakat dari berbagai kalangan di kedua negara.

Selain rencana Peringatan 70 Tahun Hubungan Bilateral, Forum Konsultasi Bilateral ke-3 RI-Rusia menyepakati pembaharuan "Plan of Consultation" 2020-2022, usulan Program Kebudayaan 2019-2021, penyelesaian Perjanjian Penyederhanaan Visa, kelanjutan penerbangan langsung Rossiya Airlines Moskow-Denpasar dan rencana penerbangan Garuda Indonesia Denpasar-Moskow.

Selain itu, delegasi kedua negara juga menyepakati beberapa hal lain, yaitu dukungan untuk integrasi ekonomi Indonesia-Eurasian Economic Union (EAEU), peningkatan jumlah beasiswa untuk mahasiswa serta pelajar Indonesia dan Rusia, dan peningkatan kerja sama kedua negara dalam kerangka Dewan Keamanan PBB.

Lebih lanjut kedua pihak sepakat untuk bersama-sama mempersiapkan Kunjungan Kenegaraan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia pada paruh kedua tahun 2019, serta peluncuran Deklarasi Kemitraan Strategis Indonesia-Rusia pada saat kunjungan kenegaraan tersebut.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019