Melalui TMMD ini dibuat satu jalan lagi melingkar sehingga bisa dua arah, bisa naik bisa turun dari arah Posong sehingga tidak mengganggu aktivitas petani
Temanggung, Jateng (ANTARA News) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-104 tahun anggaran 2019 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bakal membangun akses wisata alam Posong di lereng Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kledung.

Dandim 0706/Temanggung, Letkol (Inf) Albertus Yostina David Alam di Temanggung, Selasa, mengatakan, jalan yang akan dibangun sepanjang 1.341 meter, lebar 3 meter dan tebal 20 cm.

"Jalan akses ke objek wisata Posong tersebut bakal dibangun dengan blok trasah," katanya usai pembukaan TMMD Reguler ke-104 tahun anggaran 2019 di Kabupaten Temanggung yang dibuka oleh Wakil Bupati Temanggung R. Heri Ibnu Wibowo.

Ia menyatakan, kondisi jalan di sana sekarang masih berupa jalan usaha tani yang sempit dan lebarnya tidak sama.

Menurut dia, hal tersebut menjadi salah satu kendala ke Posong, kadang-kadang orang yang mau berwisata ke sana berpapasan dan dapat mengganggu petani yang sedang mengangkut hasil panen atau mengangkut pupuk.

"Melalui TMMD ini dibuat satu jalan lagi melingkar sehingga bisa dua arah, bisa naik bisa turun dari arah Posong sehingga tidak mengganggu aktivitas petani," katanya.

Ia mengemukakan, dengan program ini nanti diharapkan petani tidak terganggu wisata di Posong, kemudian dari segi ekonomi juga lebih menggairahkan wisata di Posong.

"Jadi kegiatan TMMD ini memperlancar akses wisata ke posong. Istilahnya sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Jalan petani sendiri naik turunnya lancar dan untuk wisata juga bisa bertambah lancar," katanya.

Dalam kegiatan fisik, katanya selain membangun jalan, TMMD reguler kali ini juga membuat talud di enam titik, membuat gorong-gorong tujuh unit, dan pembuatan drainase.

Wabup Temanggung Wibowo menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI, dalam hal ini lewat programn TMMD Reguler ke-104 tahun anggaran 2019 Kodim 0706/Temanggung.

Ia mengatakan, dari tahun ke tahun program ini sudah dijalankan, sudah bergulir dan Alhamdulillah hasil karya dari TMMD benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Ia menyampaikan harus selektif menentukan desa yang menjadi prioritas utama mendapatkan program TMMD, pada 2019 untuk jalur lingkar di tempat wisata Posong.

"Hal ini sesuai dengan visi misi Bupati, yang ingin mengembangkan wisata," katanya.

Ia mengakui, Posong sudah menjadi viral, jadi tempat kunjungan wisata bukan hanya wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara maka vasiliatas atau infrastrukturnya juga harus mendukung.

Baca juga: Warga Sindoro rintis obyek wisata alam Sedadap

Baca juga: Jalur pendakian Sindoro ditutup karena kebakaran

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019