Kalaupun bisa memperkuat klub, mungkin yang bisa dilepas hanya dua atau tiga pemain saja
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria mengisyaratkan pemain tim nasional U-22 memperkuat Persija Jakarta dan PSM Makassar di kompetisi Piala AFC 2019.

"Kami akan melihat seperti apa kesepakatan yang ada. Namun yang pasti, kalaupun bisa memperkuat klub, mungkin yang bisa dilepas hanya dua atau tiga pemain saja," ujar Ratu Tisha di Jakarta, Kamis.

Menurut sekjen perempuan pertama dalam sejarah PSSI itu, pihaknya menimbang beberapa hal penting sebelum mempersilakan pemain timnas memperkuat klubnya.

Timnas membutuhkan pemain terbaik untuk menjalani pemusatan latihan (TC) agar meraih hasil maksimal di pertandingan internasional resmi FIFA menghadapi Myanmar pada 25 Maret 2019 di Stadion Mandala Thiri, Myanmar.

PSSI memandang serius laga tersebut karena kemenangan dapat menaikkan posisi Indonesia di peringkat FIFA.

Akan tetapi, Piala AFC juga dinilai penting karena Persija dan PSM membawa nama bangsa di sepak bola internasional.

"Kami harus menemukan 'win win solution' untuk hal ini," tutur Ratu Tisha.

Tim nasional Indonesia yang dilatih juru taktik asal Skotlandia Simon McMenemy akan melakukan pemusatan latihan di Perth, Australia pada 6-17 Maret 2019 dan Bali pada 18-21 Maret 2019.

Saat TC di Australia, tepatnya pada Selasa (12/3), Persija akan menghadapi wakil Myanmar Shan United dalam laga keduanya di Grup G Piala AFC 2019 yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

Adapun pemain Persija di tim nasional Indonesia adalah kiper Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan dan Riko Simanjuntak. Ketiga nama ini merupakan pemain inti klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Selain Persija, di Grup H, PSM Makassar menjamu klub asal Laos Lao Toyota di Stadion Pakansari, Bogor, pada Rabu (13/3). Pemain PSM di timnas Indonesia adalah Muhammad Rahmat.

CEO Persija Ferry Paulus dan pelatih Persija Ivan Kolev berharap PSSI dapat diberikan izin untuk berlaga di Piala AFC 2019.

Baca juga: Simon Mcmenemy panggil 27 pemain timnas Indonesia

Baca juga: Sabtu ini Timnas U-22 langsung persiapan Piala AFC U-23

Baca juga: Pelatih Becamex keluhkan cuaca usai imbangi Persija

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019