Jakarta (ANTARA) - PT Barata Indonesia (Persero) secara resmi mengimplementasikan sistem baru ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis SAP (system aplication and product) pada sistem menajemen di perusahaan.
 
Berkerjasama dengan PT Bravura Bisnis Solusi, perusahaan jasa konsultan SAP (System Application and Product in data processing) Sistem baru tersebut secara resmi telah diaplikasikan, berdasarkan keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu. 

Direktur Utama Barata Indonesia, Oksarlidady Arifin berujar bahwa, dengan menggunakan ERP berbasis SAP ini  maka Barata Indonesia telah melangkah lebih maju. Sebab sistem ERP merupakan sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengoordinasikan semua sumber daya, informasi, dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis secara cepat dan lengkap.

”Jadi harapan saya dengan adanya sistem tersebut, perusahaan bisa lebih terintegrasi, dan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menghasilkan nilai tambah  bagi seluruh pihak yang berkepentingan,” ujarnya . 

Selain itu,  menurutnya,  alur proses bisnis perusahaan bisa berjalan lebih baik, cepat, efisien dan produktif.

Dirinya menyampaikan bahwa, penerapan sistem ERP memang bukan perkara yang mudah. Sebab perusahaan meninggalkan sistem yang lama (manual) dan menggunakan sistem baru yang semuanya dihubungkan secara digital. 

Jika konsisten  maka proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi akan lebih terintegrasi. Kemudian, komunikasi antar lembaga juga akan lebih efektif.

Barata Indonesia  juga melakukan penandatanganan  kesepakatan, pelaksanaan sistem ERP berbasis SAP  di Divisi, Biro Keuangan dan Akutansi,serta supply chain management.
Baca juga: Barata Indonesia siap produksi roda kereta api
Baca juga: Barata Indonesia ekspor komponen pembangkit listrik ke Brasil

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019