Sabang, Aceh (ANTARA) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang, Provinsi Aceh, meminta warga ikut berpartisipasi langsung menyukseskan pemilu serentak 17 April 2019.

"Kita ingin pemilu di Sabang berlangsung sukses sesuai yang diharapkan dan peran serta warga setempat sangat menentukan suksesnya pemilu," kata Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KIP Kota Sabang, Akmal Said di Sabang, Sabtu.

Ia mengaku sejak dibukanya pendaftaran calon legislatif (Caleg) ditingkat DPRK Sabang hingga masa kampanye semua tahapan pemilu berjalan normal.

"Syukur Alhamdulillah warga Sabang selama ini bisa menjaga kebersamaan meskipun berbeda pendapat dan pilihan," ujar Komisioner KIP Sabang.

KPU Pusat menargetkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak sebanyak, 77,5 persen dan pihaknya optimistis target tersebut tercapai.

Ada pun daftar pemilih tetap di Kota Sabang yakni, 25.741 orang dan tersebar di 104 TPS, 18 gampong dan dua kecamatan yakni, Sukakarya dan Sukajaya.

Parpol yang mengajukan calon anggota legislatif (caleq) di tingkat DPRK Sabang hanya 12 parpol, yaitu Partai Gerindra, NasDem, PBB, Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Aceh, Perindo, Golkar, PAN, PKS, PPP, dan Partai Nasional Aceh.

Kemudian, Parpol yang tidak mendaftarkan caleg di tingkat DPRK Sabang meliputi Partai Hanura, PKPI, PKB, Garuda, Partai Berkarya dan PSI. Kemudian dua partai lokal, yaitu Partai SIRA dan PDA.

Rakyat Indonesia pada 17 April 2019 akan memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPD RI, DPR RI, dan DPRD provinsi, serta DPRD/DPRK kabupaten/kota.

 

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019