Muntok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan sosialisasi internet sehat agar masyarakat tidak terjerat pelanggaran hukum di tengah maraknya penggunaan media sosial saat ini.

"Kami harapkan masyarakat bijaksana dalam bermedia sosial dan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi digital tersebut untuk hal-hal positif," kata Kepala Satbinmas Polres Bangka Barat Iptu Taufik Zulfikar di Muntok, Sabtu.

Penggencaran sosialisasi terus dilakukan agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak.

Sosialisasi dilakukan dengan pola tatap muka kepada kelompok mayarakat, perorangan mau pun melalui media sosialisasi, seperti spanduk, baliho dan poster yang dipasang di lokasi-lokasi strategis.

"Beberapa hari lalu kami juga sudah menggelar sosialisasi kepada anak-anak dan pengelola Panti Asuhan Ahmad Dahlan Muntok," katanya.

Dalam pertemuan itu disampaikan berbagai materi imbauan agar bijaksana dalam bermedia sosial dan tidak menyebarluaskan berita bohong atau informasi hoax.

Melalui kegiatan itu, pihaknya berharap para penghuni panti bijak menggunakan media sosial, serta dapat memilih dan memilah informasi yang diterima.

Meningkatnya perkembangan pengguna internet di Indonesia memiliki dampak positif, namun juga memungkinkan untuk membuka ruang lebih luas meningkatnya radikalisme digital, jejaring teroris, berita palsu, ujaran kebencian dan persekusi.

"Kami harapkan pola pendekatan dan sosialisasi ini mampu meningkatkan kesadaran anak-anak agar menggunakan internet secara positif guna menghindari pelanggaran hukum dan dampak negatif lainnya," katanya.

 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019