Madrid (ANTARA) - Saham-saham pada Bursa Spanyol berakhir lebih rendah pada perdagangan Kamis (7/3), menyusul keputusan yang diumumkan oleh Bank Sentral Eropa bahwa pihaknya akan menunda kenaikan suku bunga dan tidak menyuntikkan likuiditas sampai September.

Indikator utama bursa, Indeks IBEX-35 di Madrid dibuka pada 9.296,70 poin tetapi ditutup pada 9.249,90, atau mencatat penurunan 0,50 persen selama sehari didominasi oleh kerugian bank-bank utama negara itu.

Tiga bank - Banco Sabadell, Bankia dan Caixabank - adalah yang berkinerja terburuk di antara saham-saham unggulan atau blue chips pada hari itu, dengan Barca Sabadell mencatat kerugian terbesar (top loser) setelah sahamnya berakhir jatuh 7,25 persen.

Disusul oleh saham Bankia yang kehilangan 5,33 persen dan Caixabank turun 3,86 persen.

Berbeda dengan hasil buruk bagi bank, ini adalah hari yang baik untuk perusahaan-perusahaan energi, dengan saham Iberdrola meningkat 3,52 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar (top gainer) di antara saham-saham unggulan.

Diikuti oleh saham Endesa dan Naturgy, yang masing-masing menguat sebesar 3,29 persen dan 2,80 persen. Demikian laporan yang dikutip Xinhua.

Baca juga: Bursa Inggris melemah, Indeks FTSE 100 Inggris ditutup turun 38,45 poin

Baca juga: Bursa Jerman merosot 69,83 poin, saham Deutsche Bank anjlok


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019