Sejumlah ruas jalan ditutup selama Millenial Road Safety Yogyakarta

Sejumlah ruas jalan ditutup selama Millenial Road Safety Yogyakarta

Kasatlantas Polresta Yogyakarta Kompol Dwi Prasetio Nugroho (kiri), Plt Kepala Dishub Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho (tengah) dan Kanit Diksaya Satlantas Polresta Kota Yogyakarta Iptu Marija (kanan) saat memberikan keterangan penutupan beberapa ruas jalan selama Millenial Road Safety Festival, Minggu (10/3) (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Polresta Yogyakarta akan melakukan penutupan di sejumlah ruas jalan menuju Titik Nol Kilometer yang dijadikan sebagai pusat pelaksanaan kegiatan “Millenial Road Safety Festival” di Yogyakarta, pada Minggu (10/3).

“Penutupan akan kami lakukan mulai pukul 05.00 WIB hingga sekitar pukul 10.00 WIB,” kata Kasatlantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetio Nugroho di Yogyakarta, Jumat.

Penutupan ruas jalan akan dilakukan dari sisi Utara yaitu dimulai dari Teteg Tugu atau dari ujung Utara Jalan Malioboro, dari sisi Timur dilakukan mulai simpang empat Gondomanan, sedangkan dari sisi Selatan dilakukan pengurangan kendaraan dari Plengkung Gading dan Jalan Mantrigawen, dan dari Barat dilakukan penutupan dari simpang Ngabean.

Masyarakat yang ingin bergabung dalam kegiatan “Millenial Road Safety Festival” tersebut dapat menggunakan beberapa kantong parkir yang sudah disediakan, namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan umum karena kapasitas parkir di sekitar lokasi kegiatan terbatas.

Beberapa lokasi parkir yang disediakan untuk masyarakat umum di antaranya berada di Tempat Khusus Parkir Senopati, SMK Farmasi Alun-Alun Utara sisi timur, Beringharjo, SMA Gama, Parkir Abu Bakar Ali, SD Ngupasan, Sonobudoyo, depan Koramil dan bekas warung Sambal Layah.

“Kami perkirakan, jumlah peserta untuk kegiatan ini bisa mencapai sekitar 35.000 orang. Jika jumlah peserta yang datang lebih banyak lagi, maka diperlukan pengaturan lalu lintas yang lebih luas dengan mengurangi kendaraan yang masuk dari beberapa titik,” katanya.

Dari sisi utara, akan dilakukan pengurangan kendaraan mulai dari simpang Gayam, sedangkan dari sisi timur dilakukan dari Pasar Sentul, dari sisi barat dimulai dari simpang Wirobrajan dan dari sisi selatan dimulai dari Pojok Beteng Barat dan Timur.

Dwi mengatakan, Millenial Road Safety Festival tersebut sangat penting bagi generasi muda karena berdasarkan angka kecelakaan sepanjang 2018, sekitar 55 persen di antaranya berasal dari kelompok millenial.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap bisa mengubah perilaku dan karakter masyarakat dalam berlalu lintas yaitu mengutamakan tertib dan taat pada peraturan sehingga ‘zero accident’,” katanya.

Sedangkan Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Yogyakarta, Iptu Marija mengatakan, tingginya angka kecelakaan yang menimpa kelompok milenial disebabkan kelompok tersebut biasanya masih mencari jati diri sehingga kurang memperhatikan faktor keselamatan.

“Asal bisa dan berani membawa kendaraan, maka mereka mengendarainya di jalan raya. Selain itu, perlu kesadaran orang tua untuk tidak memberikan kendaraan sebelum usia anak cukup,” katanya.

Sedangkan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Wirawan Hario Yudho mengatakan, pemerintah mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Ini adalah salah satu upaya pembentukan karakter, yaitu masyarakat yang taat dengan aturan dan tata tertib berlalu lintas,” katanya.

Dalam “Millenial Road Safety Festival” tersebut juga akan digelar beberapa kegiatan seperti jalan sehat, ‘free style’ dari PJR serta dimeriahkan dengan penampilan beberapa artis seperti Ayu Ting Ting, Cita Citata, dan Tukul Arwana.
 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Alex Sariwating
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar