Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji, Senin, melantik tiga kepala dinas (Kadis)  di lingkungan pemerintahannya, untuk memaksimalkan kinerja pemerintahan yang dipimpinnya.

Adapun tiga Kadis yang dilantik adalah HM Aminuddin sebagai Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ahi MT sebagai Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Moses Tabah sebagai Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalbar.

"Di manapun ditempatkan telah menjadi aturan selaku pejabat negara yang akan menjadi kemajuan Kalbar," kata Sutarmidji disela-sela pelantikan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar.

Dia mengharapkan, pengalaman kadis-kadis yang dilantik ini agar dapat mendukung percepatan dalam inovasi menghasilkan output menunjang perubahan di Kalbar.

"Saya tidak mau dengar keluhan tentang jabatan karena sebagai ASN siap ditempatkan di manapun," ujarnya.

Mantan Wali Kota Pontianak itu juga mengatakan, dalam waktu dekat, proses lelang jabatan 10 formasi akan segera dilakuan dan diharapkan sebelum Juni 2019 sudah selesai dan agar berjalan dengan baik.

"Dalam waktu dekat akan ada pengukuhan kembali tidak dengan rotasi dan promosi tetapi nomanklaturnya berubah dan menetapkan kembali pejabat untuk administrasi tata kelola yang baik," katanya.

Dia mengatakan, semua bisa mengikuti lelang jabatan dengan keyakinan pemerintahan akan berjalan dengan baik. "Jika ada keraguan silahkan tanya panitia seleksi (Pansel) dan saya akan memastikan pansel akan memberikan itu," ujar Gubernur.

Melalui seleksi yang terukur, kata Gubernur, jika perekrutan jabatan di lingkungan Pemprov Kalbar dengan IT yang telah ada meski mendudukkan seseorang di sebuah jabatan tidak bisa melalui IT, namun dengan celah yang tidak begitu besar semua akan berjalan baik dan sesuai aturan.

Terkait jabatan Sekda, dia  mengakui, juga akan definitif dan 12 peserta yang telah mengikuti lelang jabatan bisa memenuhi kriteria yang diharapkan dan jika tidak memenuhi bisa saja diulang.

"Sekda merupakan pucuk pimpinan bersama saya dan Wagub akan merapatkan mereka yang telah menjabat lebih dari 5 tahun. Kami harus mengevaluasi pejabat yang telah menjabat lebih dari lima tahun dan memang diminta seperti itu aturannya sekarang, sementara Aminuddin sudah sembilam tahun menjabat staff Ahli dan benar-benar menjadi Ahli," kata Gubenrur.

Kedepan, ia menambahkan tata kelola Pemprov Kalbar harus semakin hari semakin baik. "Selamat kepada yang telah dilantik agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan taat aturan," tandasnya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Alex Sariwating
Copyright © ANTARA 2019