counter

Piala Presiden 2019

Penalti Selamatkan Persela di laga pamungkas grup E

Penalti Selamatkan Persela di laga pamungkas grup E

Pemain Persela Lamongan Nomor punggung 18 Muhammad Hambali Tolib berebut bola dengan pemain Barito Putera Nomor punggung 47 Donny Harold Monim saat laga penyisihan Grup E Piala Presiden antara Persela Lamongan melawan Barito Putera di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Rabu (13/3/2019). Hingga berakhirnya babak pertama, skor imbang 1-1 Gol cepat Gavin Kwan pada menit 11 mampu dibalas penalti Washington Brandao pada menit 23. . (ANTARA FOTO/IRFAN ANSHORI)

Kerasnya persaingan dan permainan demi merebut tiket babak perempat final, kedua tim bermain ngotot hingga menit akhir menjelang babak kedua berakhir, bahkan Barito Putra harus kehilangan Andri Ibo pada menit ke-90 setelah mendapatkan kartu kuning ke
Malang (ANTARA) - Tendangan penalti Washington Brandao berhasil menyelamatkan Persela Lamongan dari kekalahan ketika bermain imbang 1-1 menghadapi Barito Putra di laga pamungkas babak penyisihan grup E Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu.

Hadiah penalti yang didapat Persela Lamongan setelah terjadi pelanggaran terhadap salah satu pemain Persela, M Hambali, yang dilakukan Donny Munim di kotak terlarang. Washington Brandao yang dipercaya mengeksekusi bola mati itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang Yoo Jae Hoon pada menit ke-23.

Persela Lamongan tertinggal lebih dulu dari Barito Putra. Pada menit ke-11 Barito Putra membobol gawang Persela yang dikawal Dian Agus Prasetyo melalui kaki Gavin Kwan. Namun, 12 menit kemudian, anak asuh Aji Santoso itu mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada pertandingan terakhir babak grup ini, Barito Putera mengandalkan formasi 4-3-3, dimana tim asuhan Jacksen F. Tiago itu memasang tiga penyerang sekaligus, yakni Lucas Rodrigues, Yakob Sayuri, dan Gavin Kwan.

Sementara Persela Lamongan memanfaatkan pola 4-2-3-1. Dian Agus kembali tampil sebagai penjaga gawang utama dan di lini depan, Aji Santoso memercayakan pada penyerang tunggal Washington Brandao yang didukung tiga gelandang, yakni Jose A Sardon, Lucky Wahyu, dan M. Hambali.

Sejak menit awal babak pertama, kedua tim langsung tampil menyerang dengan mengandalkan serangan dari posisi sayap. Beberapa kali tercatat kedua tim mampu menembus pertahanan lawan. Gavin Kwan pun berhasil membobol gawang Persela pada menit ke-11. Gol Gavin berawal dari umpan tengah lapangan, tendangan jarak jauhnya dari luar kotak 16 tidak dapat ditepis oleh Dian Agus dan membawa keunggulan untuk Laskar Antasari dengan skor 1-0.

Gol cepat yang diciptakan Barito Putera memantik Persela untuk secepatnya menyamakan kedudukan dan berhasil. Melalui eksekusi penalti Washington Brandao pada menit 23. Tendangan keras ke pojok atas kanan gawang tidak mampu digapai oleh Yoo Jae Hoon yang sebenarnya sudah membaca arah datangnya bola. Skor pun menjadi imbang 1-1.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, beberapa peluang tercipta bagi kedua tim, namun tetap gagal dimanfaatkan oleh lini depan kedua klub untuk menambah pundi-pundi golnya hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, baik Barito Putra maupun Persela Lamongan langsung menggebrak dengan terobosan-terobosan serangan demi menerobos lini pertahanan lawan masing-masing. Sejumlah peluang tercipta bagi kedua tim, namun belum mampu mengubah skor, masih tetap 1-1.

Kerasnya persaingan dan permainan demi merebut tiket babak perempat final, kedua tim bermain ngotot hingga menit akhir menjelang babak kedua berakhir, bahkan Barito Putra harus kehilangan Andri Ibo pada menit ke-90 setelah mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit. Meski bermain hanya dengan 10 pemain seterlah ditinggalkan Andri Ibo, Barito Putra tetap mampu mempertahankan skor 1-1 hingga wasit meniup peluit panjangnya tanda babak kedua berakhir.

Dengan hasil imbang 1-1 tersebut, Persela Lamongan tetap kokoh berada di puncak klasemen dengan mengemas 7 poin dan Barito Putra 4 poin. Dengan demikian kans Arema FC masih terbuka untuk bisa lolos ke babak perempat final sebagai "runner up" terbaik. Arema FC akan berhadapan dengan Persita Tangerang pada laga pamungkas babak penyisihan grup E Piala Presiden 2019. Pertandingan akan dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan Kepanjen pada pukul 18.30 WIB.

Berikut daftar susunan pemain:

Barito Putera (4-3-3): Yoo Jaehoon; Andri Ibo, Arthur Jesus, Donny Monim, Rizky Pora; Paulo Sitanggang, Bayu Pradana, Nazar Nurzaidin; Lucas Rodrigues, Yakob Sayuri, Gavin Kwan

Cadangan: Adhitya Harlan, Ady Setiawan, Ahmad Mahrus, Nazarul Fahmi, Prisca Elisa, Ferdiansyah, Kahar Musakkar

Persela (4-2-3-1): Dian Agus; Aky Taufik, Jairo Rodrigues, Arif Satria, Samsul Arifin; Kei Hirose, Achmad A. Bassit; Jose A Sardon, Lucky Wahyu, M. Hambali; Washington Brandao

Cadangan: Dwi Kuswanto, Moch. Zaenuri, Arhtur Sena, Malik Risaldi, Sugeng Efendi, Birrul Walidain, M. Ridwan

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Maruarar Sirait bangga Piala Presiden tanpa uang negara

Komentar