Jakarta (ANTARA) - Bek legendaris tim nasional Indonesia Robby Darwis mengingatkan para pemain belakang tim nasional U-23 Indonesia untuk fokus dan tenang menghadapi lawan-lawan di kualifikasi Piala U-23 Asia 2020 pada 22-26 Maret 2019 di Vietnam.

"Jangan terburu-buru dan jangan mudah terbawa emosi," ujar Robby ketika dihubungi dari Jakarta, Senin.

Bek-bek timnas juga dimintanya untuk berani berduel dan selalu memerhatikan pergerakan lawan.

Hal-hal itu penting karena menurut pemain timnas periode 1989-1997 itu, tim-tim pesaing Indonesia di kualifikasi Piala U-23 Asia 2020 terutama Vietnam dan Thailand memiliki deretan pemain yang mampu membahayakan pertahanan skuat berjuluk Garuda Muda.

"Kalau masalah fisik dan postur tubuh, saya yakin bek-bek kita bisa meredam pemain-pemain di Asia Tenggara termasuk Vietnam dan Thailand," kata Robby, bek yang memperkuat timnas ketika Indonesia merebut medali emas sepak bola SEA Games tahun 1991.

Kualifikasi Piala U-23 Asia tahun 2020 pada 22-26 Maret 2019 berlangsung di Hanoi, Vietnam.

Di fase kualifikasi ini, Indonesia bakal menghadapi tuan rumah Piala Asia U-23 2020 Thailand, Brunei Darussalam, serta tuan rumah kualifikasi Vietnam di Grup K.

Pelatih timnas U-23 Indra Sjafri sudah menetapkan 24 pemain untuk kompetisi tersebut, termasuk delapan orang bek yaitu Asnawi Mangkualam Bahar, Fredyan Wahyu, Rachmat Irianto, Nurhidayat Haji Haris, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika dan Samuel Christianson.

Nama-nama itu merupakan bek Indonesia ketika menjuarai Piala U-22 AFF 2019 di Kamboja pada akhir Februari lalu. Ketika itu, Indonesia hanya kebobolan tiga kali dari lima pertandingan.

Baca juga: Indra Sjafri umumkan 24 pemain timnas U-23 di kualifikasi Piala Asia
 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019