counter

China katakan delegasi dagang AS akan kunjungi Beijing 28-29 Maret

China katakan delegasi dagang AS akan kunjungi Beijing 28-29 Maret

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) dan Presiden China Xi Jinping (kiri) pada makan malam di Great Hall, China. (Reuters)

Reuter
Jakarta (ANTARA) - Delegasi perdagangan Amerika Serikat yang diketuai oleh Perwakilan Dagang Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan berkunjung ke China pada 28-29 Maret. Keberadaan mereka di Beijing untuk putaran perundingan lanjutan, demikian Kementerian Perdagangan, Kamis.

Sebagai kunjungan balasan, Wakil Perdana Menteri Liu He akan bertolak ke Washington pada awal April untuk menggelar pembicaraan lebih lanjut, menurut juru bicara kementerian Gao Feng, saat dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut berusaha menuntaskan sengketa dagang yang terjadi selama beberapa bulan.

Pembicaraan empat mata tersebut akan menjadi yang pertama sejak Presiden Donald Trump menunda batas waktu 1 Maret untuk menghindari kenaikan tarif impor China senilai 200 miliar dolar AS, dari 10 persen saat ini menjadi 25 persen.

Pada Rabu Trump memperingatkan bahwa Amerika Serikat kemungkinan akan menunda tarif terhadap produk China selama "periode substansial" guna memastikan bahwa Beijing tunduk pada setiap kesepakatan dagang, menambah ketidakpastian atas pembicaraan tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Indonesia-China akan mulai eksekusi investasi Inisiatif Belt and Road
Baca juga: Yuan China melemah 94 basis poin terhadap dolar

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar