Jakarta (ANTARA) - Usaha sutradara Upi untuk membuat skenario yang tak kalah menggigit untuk sekuel "My Stupid Boss" akhirnya terbayar.

Kisah komedi tentang bos absurd yang jadi sumber penderitaan anak buahnya ini lebih menghibur dari pendahulunya.

Bossman (Reza Rahadian) si penganut prinsip "bos selalu benar" kembali beraksi dengan tingkah nyentrik yang selalu menguji kesabaran para karyawannya.

Diana (Bunga Citra Lestari) yang biasa dipanggil Kerani (pegawai administrasi) adalah tumpuan dari karyawan lain di perusahaan yang berlokasi di Malaysia itu.

Kerani selalu dimintai tolong oleh karyawan-karyawan yang ingin bicara pada Bossman karena sudah hampir dipastikan apa yang mereka minta bakal ditolak mentah-mentah.

Kelakuan Bossman masih dan makin membuat Kerani pusing tujuh keliling, apalagi suaminya (Alex Abbad) justru berkawan baik dengan si bos.

Bossman masih super pelit dan bertindak seenak jidat yang mengakibatkan sejumlah pekerjanya memilih angkat kaki.

Masalah ini membuat perusahaan kekurangan karyawan. Bossman punya solusi, mencari pekerja-pekerja upah murah dari Vietnam.

Bossman bertolak ke Vietnam bersama Kerani, Mr. Kho (Che Kin Wah) dan Adrian (Iedil Putra) untuk menemui Nguyen (Morgan Oey) yang sudah menjanjikan calon karyawan untuk si bos.

Norahsikin (Atiqah Suhaime) dan Azhari (Iskandar Zulkarnain) kebagian tugas menjaga kantor.

Pekerjaan yang awalnya disangka ringan justru mengancam keselamatan karena pada saat itulah para gangster India (Sahil Shah) dan China (Verdi Solaiman) datang untuk menagih hutang si bos yang sering menunggak.

Interaksi duo gangster dari geng berbeda ini merupakan salah satu adegan menghibur dan penuh kejutan dengan dialog Hindi, Mandarin dan Melayu.

Trio Kerani, Mr. Kho dan Adrian juga mengalami nasib apes di Vietnam, tentu saja gara-gara ulah Bossman yang tak pernah merasa punya kesalahan.

Makin jenaka

Pemilihan tone warna yang hangat dan mencolok seperti film pertama masih konsisten diterapkan di sini, pun lagu-lagu melayu yang mengingatkan pada suasana Negeri Jiran.

Semua tokoh punya karakter yang khas, masing-masing punya porsi yang pas.

Si bos yang ngaco dan sering nyerocos dalam bahasa Indonesia medok Jawa tanpa mempedulikan bahwa sebagian anak buahnya tak paham seperti Mr. Kho.

Kerani yang sering stres karena Bossman, Adrian yang naksir berat tapi bertepuk sebelah tangan pada Sikin, dan Azhari yang sangat alim.

"Ini film yang paling banyak pahala, seloroh Iskandar, pemeran Azhari yang senantiasa mengucapkan doa saat berada di posisi terjepit.

Selain deretan pemain lama, ada wajah-wajah baru dalam film yang diadaptasi dari novel berjudul sama dari chaos@work berdasarkan pengalaman nyatanya bekerja di negeri jiran.

Karakter Adrian yang tadinya dimainkan Bront Palarae kini diperankan oleh Iedil Putra yang berhasil memberikan nafas baru dalam karakter tersebut.

Acungan jempol juga buat Morgan Oey sebagai Nguyen, di mana dia dituntut bisa mencerocos dalam bahasa Vietnam.

Film "My Stupid Boss 2" akan rilis pada 28 Maret 2019.



Baca juga: Reza Rahadian bangkitkan ingatan Bossman selepas tiga tahun

Baca juga: "Siap terlihat jelek", Morgan Oey dapat peran di film Upi

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019