counter

Ini prioritas pembangunan oleh Dinkes Mimika di pedalaman

Ini prioritas pembangunan oleh Dinkes Mimika di pedalaman

Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang menandatangani prasasti peresmian gedung baru lima Puskesmas di Kabupaten Mimika, Selasa (26/3) didampingi Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Alfred Douw. (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Saya temukan kenyataan banyak petugas tidur di rumah-rumah penduduk karena rumah petugas kesehatan tidak tersedia. Ini tentu menjadi perhatian kami,
Timika (ANTARA) - Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Papua memprioritaskan pembangunan rumah petugas kesehatan di wilayah pedalaman (kawasan pegunungan dan pesisir pantai).

Kepala Dinkes Mimika Alfred Douw di Timika, Selasa, mengatakan saat mengunjungi sejumlah Puskesmas di wilayah pegunungan dan pesisir pantai Mimika, dirinya mendapati kenyataan bahwa para petugas kesehatan tinggal di rumah-rumah penduduk.

"Saya temukan kenyataan banyak petugas tidur di rumah-rumah penduduk karena rumah petugas kesehatan tidak tersedia. Ini tentu menjadi perhatian kami," ujarnya.

Sehubungan dengan kenyataan itu, menurutnya tahun ini Dinkes Mimika mengalokasikan anggaran untuk membangun rumah-rumah petugas medis yang ditempatkan di Puskesmas pedalaman dan terpencil.

"Kami akan bangunan penginapan untuk mereka yang bertugas di Puskesmas pegunungan dan pesisir pantai. Kami bangun dalam bentuk kopel. Anggarannya sudah ada," lanjut dia.

Selain itu, tambahnya Dinkes Mimika juga akan menyediakan sarana penerangan listrik berupa generator listrik di sejumlah Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang terjangkau distribusi bahan bakar minyak (BBM).

Hal lain yang dianggap prioritas yaitu menyediakan sarana komunikasi melalui fasilitas radio SSB di setiap Puskesmas pedalaman agar pelaporan data dan informasi terkait pelayanan kesehatan dan peningkatan kasus penyakit menular bisa cepat disampaikan langsung ke pusat data Dinkes Mimika.

Berbagai program prioritas itu, kata Alfred untuk mendukung pelayanan kesehatan yang memadai di wilayah pedalaman dan pelosok terpencil yang jauh dari Kota Timika. Melalui penyediaan sarana dan prasarana pendukung yang memadai, diharapkan para petugas kesehatan yang ditempatkan di wilayah pedalaman dapat betah bertugas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sejumlah Puskesmas pedalaman Mimika yaitu Puskesmas Potowayburu Distrik Mimika Barat Jauh, Puskesmas Wakia di Kampung Uta Distrik Mimika Barat Tengah, Puskesmas Amar, Puskesmas Kokonao Distrik Mimika Barat, Puskesmas Atuka Distrik Mimika Tengah, Puskesmas Manasari Distrik Mimika Timur Jauh, Puskesmas Jita, Puskesmas Agimuga, Puskesmas Jila, Puskesmas Alama, Puskesmas Hoeya, Puskesmas Aronop dan Puskesmas Tsinga Distrik Tembagapura.
 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar