Tiga KPUyang belum memiliki komisioner yaitu Kabupaten Sarmi, Biak dan Kab.Mamberamo Tengah
Jayapura (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua saat ini mengambil alih tanggung jawab tiga KPU kabupaten yang belum memiliki komisioner.

“Tiga KPU yang belum memiliki komisioner yaitu Kabupaten Sarmi, Biak dan Kab.Mamberamo Tengah,” kata anggota KPU Papua Tarwinto kepada Antara di Jayapura, Kamis.

Dia mengatakan, dengan diambilalihnya tanggung jawab komisioner di tiga kabupaten maka seluruh tahapan pemilu akan dilakukan dan dilaksanakan KPU Papua.

Pengambil-alihan tanggung jawab itu disebabkan beberapa faktor, misalnya untuk KPU Sarmi dan KPU Biak Numfor masa jabatannya sudah selesai sehingga menunggu pelantikan komisioner baru.

Sedangkan untuk Kabupaten Mamberamo Tengah, masih terjadi sengketa dan saat ini ditangani melalui jalur hukum, kata Tarwinto seraya menambahkan, sejauh ini tidak ada masalah dan tahapan pemilu tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

“Mudah-mudahan sebelum pelaksanaan pemilu komisioner di tiga kabupaten sudah dilantik sehingga tanggung jawab dikembalikan ke komisioner di kabupaten masing masing,” harap Tarwinto.

Ketika ditanya tentang pengiriman logistik pemilu, Tarwinto yang membidangi sosialisasi mengatakan, saat ini sudah ada di 29 KPU di Papua termasuk untuk Kabupaten Nduga yang disimpan di Wamena.

Khusus untuk Kabupaten Nduga, logistik disimpan di Wamena guna memudahkan pendistribusian nya ke distrik-distrik yang sebagian besar harus menggunakan pesawat.

Pengiriman logistik ke distrik-distrik akan dilakukan tujuh hari sebelum pencoblosan yang dijadwalkan tanggal 17 April mendatang, kata Tarwinto.

Baca juga: KPU: Kesadaran masyarakat perbatasan gunakan hak pilih meningkat
Baca juga: KPU Papua Gelar Deklarasi Kampanye-Rapat Umum Terbuka Pemilu 2019
Baca juga: Tiga TPS di Wondama sulit dijangkau

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019