Biak (ANTARA) - SMA Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyatakan kesiapan untuk menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung serentak 1 April 2019.

"Sebanyak 59 siswa dengan rincian 32 jurusan IPA dan 27 jurusan IPS yang telah terdaftar akan mengikuti UNBK di SMA Yapis Biak," ungkap Kepala Sekolah SMA Yapis Biak Drs Rasiman MM.Pd di Biak, Sabtu.

Ia menyebut semua fasilitas penunjang seperti peralatan komputer, jaringan internet dan listrik sudah diperiksa petugas PLN diharapkan tidak ada masalah pada hari 'H' ujian berlangsung.

Dia mengatakan pada pelaksanaan UNBK di SMA Yapis Biak pihak sekolah telah menyiapkan dua tenaga operator dan satu teknisi jaringan internet.

Rasiman berharap dengan berbagai kesiapan sarana prasarana yang telah dilakukan manajemen SMA Yapis Biak diharapkan dapat menunjang kelancaran penyelenggaraan kalender tahunan pendidikan UNBK.

"Semua persiapan UNBK sudah 100 persen,  tinggal menunggu waktu pelaksanaan ujian yang dimulai 1 April 2019," kata Rasiman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor,  Tinneke R.Mansnembra mengakui pelaksanaan UNBK di berbagai jenjang pendidikan tahun pelajaran 2018/2019 akan berlangsung di 29 sekolah.

"Untuk semua sekolah dalam kota Biak sudah melaksanakan UNBK karena tersedianya fasilitas komputer dan jaringan internet," katanya.

Sedangkan untuk sekolah di luar kota, menurut dia, hingga  2019 belum dapat melaksanakan UNBK karena terkendala dengan ketersediaan fasilitas komputer dan ketiadaan jaringan internet.

"Kendala utama sekolah di luar kota untuk menyelenggarakan UNBK karena jaringan internet,  ini sudah menjadi perhatian  pemerintah ke depan akan diperhatikan," ujarnya.

Ia menyebut pada pelaksanaan  ujian nasional  tingkat SMK yang berlangsung sejak 25-28 Maret 2019 telah diikuti sebanyak 637 siswa dari tujuh sekolah dengan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Kepala bidang pendidikan dan pengajaran Biak Japosman Situmorang mengakui dari data sekolah menyelenggarakan UNBK tahun pelajaran 2018/2019 telah terjadi peningkatan jumlah sekolah peserta  dibanding tahun pelajaran 2017/2018.

"Kami mengharapkan   tahun ini  pelenyelenggaraan UNBK di Kabupaten Biak Numfor  berjalan lancar sesuai jadwal," kata Japosaman.

Ia menyebut, dari 29 sekolah yang melaksanakan UNBK tahun 2019 dominan berasal sekolah di wilayah distrik Biak Kota dan distrik Samofa.

"Pelaksanaan UNBK sudah berjalan lancar,   saat UNBK tingkat SMK berlangsung sesuai jadwal UNBK secara nasional," katanya.

Sebelumnya, Bupati Biak Herry Ario Naap mengatakan Pemkab Biak Numfor sangat mendukung pelaksanaan UNBK diselenggararan Dinas Pendidikan untuk tingkat SMP, SMA dan SMK.

"Pemkab Biak Numfor akan memasukan program pengadaan sarana prasarana penunjang UNBK mulai tahun 2020, saya sudah perintahkan kepala Dinas pendidikan untuk membuat usulan kegiatan kepada Bappeda," katanya.

Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jadwal pelaksanaan UNBK 2019 untuk tingkat SMK akan dimulai 25-28 Maret 2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa inggeris dan teori kejuruan.

Untuk tingkat SMA/MA UNBK akan berlangsung mulai 1-4 April 2019 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia,Matematika, Bahasa Inggeris dan kejuruan (IPA/IPS dan keagamaan.
 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019