Pangkalpinang (ANTARA) - Sebanyak 10.014 siswa tingkat sekolah menengah atas dan madrasyah aliyah di 91 unit SMA/MA se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara serentak pada Senin.

"Alhamdulillah sesi pertama pelaksanaan UNBK hari ini berjalan dengan lancar," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Sholeh di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan sebanyak 10.014 siswa mengikuti UNBK dengan rincian 8.556 siswa SMA dan 1.458 siswa MA dimulai 1-4 April 2019.

Sementara itu jumlah peserta UNBK tingkat SMK sebanyak 7.568 orang siswa yang telah digelar pada 11-22 Maret 2019 di 56 unit SMK tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Mudah-mudahan pelaksanaan UNBK 2019 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan UNBK tahun ini, pihaknya telah menyediakan 135 server utama dan berfungsi dengan baik.

Selain itu, pemerintah provinsi juga telah berkoordinasi dengan PLN untuk tidak mematikan listrik selama pelaksanaan UNBK.

"Kita juga memperkuat koordinasi dan jaringan dengan provider agar tidak ada gangguan jaringan internet selama pelaksanaan UNBK ini," ujarnya.

Ia menambahkan pelaksanaan UNBK tahun ini di Kepulauan Babel sudah 100 persen pada semua jenjang sekolah, baik itu SMK, SMA, MA dan kemudian akan dilanjutkan UNBK tingkat SMP, MTs dan paket.

"Babel adalah satu dari enam provinsi di Indonesia yang melaksanakan UNBK 100 persen," katanya.*


Baca juga: Siswa nilai UN Bahasa Indonesia tidak sulit

Baca juga: 10.465 siswa SMA/MA Gorontalo ikut UNBK

Baca juga: 2.019.680 siswa SMA/MA ikuti Ujian Nasional


 

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019