Jakarta (ANTARA) - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde memfokuskan perhatiannya untuk memenangi enam dari sembilan pertandingan La Liga tersisa pada musim ini guna memastikan timnya mempertahankan gelar juara Liga Spanyol, demikian dilansir Reuters, Selasa.

Tim Catalan ini unggul 10 poin dari peringkat kedua Atletico Madrid, yang akan menjamu Barcelona pada Sabtu, setelah bertandang ke Villarreal pada Selasa silam.

"Masih ada sembilan pertandingan lagi dan jika kami memenangi enam, maka kami adalah juara," kata Valverde kepada wartawan, Senin.

"Dalam pertandingan terakhir musim ini, tim-tim papan bawah selalu mengambil banyak poin," ujarnya.

"Kita tidak perlu melihat lebih jauh. Dari hasil pertandingan minggu ini saja Celta, Huesca, Rayo, mereka semua akan melakukan apa saja yang bisa dilakukan dan kita harus siap untuk jenis laga ini."

Villarreal, peringkat ke-17, terpaut satu poin dari zona degradasi setelah membuang keunggulan dua gol mereka dan akhirnya kalah 2-3 di Celta Vigo, Sabtu.

Valverde menyatakan prioritas timnya adalah memenangi La Liga, bukan Liga Champions, di mana mereka akan menghadapi Manchester United pada leg pertama babak perempat final pada 10 April.

"Secara historis ketika Barca telah memenangi Liga Champions, mereka juga memenangi La Liga," jelas sang pelatih.

"Saya tahu itu kompetisi yang disukai fans, para pemain, dan semua orang. Tetapi Liga Champions bisa mengkhianati Anda dalam pertandingan apa pun hanya dalam 15 menit yang buruk."

"Sebaliknya di La Liga, Anda menilai diri Anda dari menit pertama hingga terakhir musim. Itulah cara Anda menilai diri sendiri setiap minggu."

Baca juga: Dengan penuh santun, Valverde memuji kebersamaan Barcelona

Baca juga: Baca juga: Griezmann membuat panas manajemen Barcelona

Baca juga: Messi bawa Barcelona menangi derby Katalunya

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019