Muntok, Babel (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan seluruh penghitungan perolehan suara hasil pemilu selesai di hari pemungutan suara 17 April 2019.

"Berdasarkan simulasi bersama para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), seluruh penghitungan hasil pemungutan suara bisa selesai di hari yang sama, meskipun kemungkinan sampai tengah malam," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Selasa.

Menurut dia, penghitungan hasil pemungutan suara akan dilakukan setelah pukul 14.00 WIB pada 17 April 2019 atau beberapa saat setelah waktu pemungutan suara berakhir.

Selanjutnya para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atau petugas penyelenggara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan segera melakukan penghitungan suara untuk lima jenis kartu pilih yang dilaksanakan secara berurutan.

"Kami sudah berikan pelatihan dan simulasi pola penghitungan dan urutan untuk lima jenis surat suara tersebut kepada para PPK dan PPS," ujarnya.

Pihaknya juga memberikan pemahaman kepada para petugas agar mampu menyelesaikan tugas pengisian data yang akan dimasukkan dalam beberapa formulir, salah satunya cara pengisian formulir C-1 plano.

"Saat ini kami melakukan pemetaan terhadap petugas KPPS yang tingkat pemahamannya lemah, terkait tugas penghitungan dan rekapitulasi di TPS," katanya.

Bagi yang masih lemah akan diberikan pelatihan ulang agar semakin terampil dan paham tugas dan fungsi sebagai penyelenggara pemilu di tingkat TPS.

"Dengan tingkat akurasi tinggi seluruh pengisian formulir dari TPS akan mengurangi resiko kesalahan di tingkat kecamatan hingga pusat sekaligus mengurangi resiko terjadinya sengketa pemilu," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019