Bogor (ANTARA) - Cawapres RI Ma'ruf Amin menyebut program Kartu Indonesia Sehat yang digulirkan Presiden Jokowi terbukti mampu membantu kelompok masyarakat menengah kebawah yang disebutnya dengan "sadikin" dan "jamila".

"Tahu apa itu sadikin? Sakit sedikit miskin. Jamila tahu? Jadi miskin lagi," kata Ma'ruf Amin saat berkampanye terbuka di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Menurut Ma'ruf, sadikin dan jamila adalah kelompok masyarakat yang tidak miskin. Namun begitu terserang penyakit berat seperti paru-paru, jantung hingga penyakit yang mewajibkan cuci darah, kelompok itu mendadak menjadi miskin.

"Berkat Kartu Indonesia Sehat, tidak perlu jadi sadikin atau jamila karena (pengobatan) dibiayai pemerintah," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan Kartu Indonesia Sehat adalah salah satu program yang akan dilanjutkan dan ditingkatkan kapasitasnya jika Jokowi dan dirinya terpilih pada Pilpres 2019.
Cawapres RI Ma'ruf Akin saat berkampanye di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat. (Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf)


Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon, nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Pilpres diselenggarakan 17 April 2019, secara serentak dengan pemilu legislatif DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019