Muntok, Babel (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyiapkan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus pada pelaksanaan pemungutan suara 17 April 2019.

"Dua TPS khusus akan kami sediakan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Muntok dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sejiran Setason," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Yulizar di Muntok, Sabtu.

Ia menjelaskan, TPS khusus di Rutan Muntok disediakan untuk para warga binaan yang ada dilokasi itu dan para tahanan yang sedang menjalani proses hukum di Polres Bangka Barat serta Polsek jajaran.

Untuk para tahanan yang saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Polres dan Polsek di Kabupaten Bangka Barat pada saat hari pemungutan suara akan diantarkan petugas ke Rutan Muntok untuk mencoblos.

"Kami sudah melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan pihak Rutan Muntok untuk pelaksanaan pencoblosan di lokasi itu," katanya.

Selain di Rutan Muntok, TPS khusus juga disediakan di RSUD Sejiran Setason Muntok yang disediakan untuk para pasien dan petugas kesehatan yang berjaga pada hari pencoblosan.

Yulizar mengatakan, untuk jumlah mata pilih di dua lokasi itu, saat ini pihak penyelenggara pemilu belum bisa memastikan karena masih ada yang keluar dan masuk.

"Kemungkinan satu hari sebelum pencoblosan akan kami lakukan pendataan ulang untuk memastikan logistik yang akan dikirim ke TPS khusus," kata dia.

Penyediaan TPS khusus tersebut sebagai upaya memberikan pelayanan hak pilih masyarakat sekaligus meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pemilu 2019. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019