Kendari (ANTARA) - Menjelang pelaksanaan Pemilu yang tersisa sembilan hari lagi, KPU Sultra mematangkan kesiapan personil dan logistik termasuk anggaran untuk honor tenaga KPPS dan lainnya yang akan digunakan dalam pesta demokrasi sekali lima tahunan itu.

Ketua KPU Sultra, La Ode Muhammad Natsir Muthalib di Kendari, Senin, mengungkapkan, KPU Sultra sudah mengumpulkan seluruh jajaran KPU kabupaten/ kota untuk melakukan evaluasi terkait kesiapan di daerah masing-masing.

"Sejauh ini, KPU juga sudah menyiapkan jajaran personel, termasuk logistik dan anggaran untuk kesuksesan pelaksanaan pemilu,” ungkap Natsir.

Menurut Ojo panggilan dekatnya ketua KPU Sultra  ini, persiapan paling penting saat detik-detik pelaksanaan Pemilu yakni, personil penyelenggara, logistik dan
anggaran.

"Secara umum, persiapan sudah dilakukan secara matang, sehingga saat hari pelaksanaan pemilu nanti diharapkan berjalan lancar tanpa kendala,” ujarnya.

Untuk persiapan personil penyelenggara, KPU sudah memantapkan koordinasi dengan PPK, PPS dan KPPS serta tenaga linmas.

"Untuk logistik, saat ini KPU juga sudah memporsikan semua daerah terkait kelengkapan surat-suara termasuk daerah yang mengalami kekurangan surat suara,” imbuhnya.

Sementara pada alokasi anggaran seperti honor tenaga KPPS, KPU sudah disiapkan, termasuk biaya kebutuhan makan selama penghitungan suara.

“Saya juga mengajak seluruh jajaran KPU untuk bekerja kompak dan maksimal serta menunda urusan yang tidak berkaitan dengan Pemilu,” tutup Abdul Natsir.

Pemilu Presiden dan wakil Presiden 17 April 2019 diikuti dua pasang calon yakni nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'Ruf Amin dan pasangan urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019