Palembang (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan terminal Bandara Silampari di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Selasa.

Menhub mengatakan, sudah sepantasnya Sumsel khususnya Lubuk Linggau mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat karena daerah ini merupakan lumbung pangan.

Pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan Menhub dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memastikan kebutuhan di daerah seperti transportasi dan infrastruktur terpenuhi dengan baik.

"Kita lihat Linggau ini sebagai kota kedua dari Sumsel selain Palembang. Ini harus mendapatkan fasilitas yang bagus," kata Menhub.

Oleh karena itu dirinya bersama Menteri PUPR sepakat memastikan bandara ini berfungsi secara baik serta prima karena wisatawan dari Jakarta selain ke Palembang juga diharapkan berkunjung ke Linggau karena di sini juga banyak potensi wisata yang tersimpan.

Jika wisatawan  datang, katanya, tentu menghasilkan pendapatan dan hotel akan hidupi.

Bukan hanya di Lubuk Linggau, pembangunan bandara yang juga digarap di beberapa daerah seperti Bandara Gatot Subroto Way Kanan, Lampung, yang minggu lalu resmi melayani penerbangan sipil serta Bandara Banding Agung, Ogan Komering Ulu Selatan, akan dihidupkan lagi.

"Ada juga Atung Bungsu di Pagaralam sehingga kita tidak perlu jauh-jauh lagi ke Jakarta karena waktu tempuh jadi lebih pendek," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, setelah diresmikan, terminal tersebut diharapkan dapat menambah flight.

Selain itu Gubernur berharap Bandara Silampari yang sudah setara dengan bandara internasional ini menjadi embarkasi atau paling tidak menjadi tempat transit untuk ke embarkasi haji di Palembang.

Hal ini tentu akan membantu warga sekitar termasuk dari Bengkulu dan lainnya. "Ini niat saya, karena Linggau ini bakal kota kedua terbesar setelah Palembang. Saya ingin bandara ini jadi embarkasi kedua provinsi, akses jalan sudah dibangun Menteri PUPR," tambahnya.

Gubernur mengatakan, transportasi udara sekarang bukan lagi menjadi barang yang mahal tapi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Oleh karena itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah memberikan kebijakan ini, termasuk Menhub yang telah mengoperasionalkan bandara ini setara dengan bandara besar lain.

Peresmian terminal itu ditandai dengan pengguntingan pita, dilanjutkan dengan peninjauan oleh Menhub, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, Gubernur Sumsel Herman Deru, serta Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe.

Baca juga: Bandara Silampari Sumatera Selatan siap untuk pesawat Boeing
(U005)

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019