Jakarta (ANTARA) - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) bekerja sama dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dar es Salaam hari ini menyelenggarakan Pemungutan Suara pada TPS Luar Negeri (TPSLN) Dar es Salaam, Tanzania.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, Ketua PPLN KBRI Dar es Salaam, Raksa Permana Ibrahim, menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemungutan suara telah diatur berdasarkan garis-garis yang telah ditetapkan oleh KPU, termasuk standar pengamanan untuk logistik Pemilu.

"Kita sudah memastikan bahwa hal-hal yang kita lakukan terpantau secara seksama melalui ketersediaan CCTV dalam pengawasan logistik serta surat suara yang berada di Dar es Salaam," ujar Raksa.

TPSLN bertempat di Gedung KBRI Dar es Salaam, mulai pukul 08.00 hingga 18:00 waktu setempat. Duta Besar RI Dar es Salaam, Prof. Dr. Ratlan Pardede, beserta istri dan keluarga, turut menggunakan hak pilihnya di TPSLN tersebut.

Dalam wilayah kerja PPLN Dar es Salaam terdapat, 94 orang yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), di mana Terdapat 53 orang di antaranya akan menggunakan metode memilih langsung di TPSLN Dar es Salaam.

Selain itu, sejak awal April 2019, KPPSLN Dar es Salaam juga telah mengirimkan surat suara kepada WNI lain yang terdaftar dalam DPT dan tersebar di berbagai wilayah lain di Tanzania (Zanzibar, Arusha, Moshi, dan Mwanza) dan Rwanda (Kigali).

Penghitungan suara akan dilakukan pada tanggal 17 April, bersamaan dengan penyelenggaraan Pemilu di Tanah Air.

Untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat di dalam wilayah cakupannya, PPLN Dar es Salaam bekerja sama dengan KBRI Dar es Salaam telah secara berkala melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penyelenggaraan pemilihan umum serta hal-hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat agar hak suaranya dapat digunakan dengan baik.

Meskipun jumlah WNI yang berada di wilayah cakupan PPLN Dar es Salaam tidak terlalu banyak, namun hal ini tidak menyurutkan antusiasme masyarakat yang ada untuk menggunakan hak pilihnya, sambil berkumpul bersama rekan-rekan WNI dan menikmati berbagai hidangan khas Indonesia seperti nasi uduk, lontong, risoles, dan lain-lain.

Salah satu WNI yang menggunakan hak pilihnya di TPSLN adalah Indah Paramita. "Meskipun jauh dari tanah air, tapi Pemilu 2019 tetap bergema, karena di KBRI Dar es Salaam suasananya sangat Indonesia, kekeluargaan, dan meriah," kata Indah.

Baca juga: Pemungutan suara Pemilu 2019 di Berlin berlangsung ramai dan damai

Baca juga: Pemilu di Hongaria dimeriahkan dengan baju tradisional Indonesia

 

Pewarta: Peserta Susdape XIX/Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019