Jember (ANTARA) - Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jember sepakat menunggu hasil  penghitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum demi menciptakan suasana damai.

"Kami sepakat menunggu sampai penghitungan suara secara manual yang dilakukan hingga tingkat KPU Kabupaten Jember selesai dan tidak melakukan euforia berlebihan berdasarkan hasil hitung cepat," kata Ketua TKD Jokowi-Amin, Tabroni di Jember, Sabtu.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPD Prabowo-Sandi di Jember, Ardi Pujo Prabowo yang juga sepakat menunggu hasil penghitungan suara yang disampaikan oleh KPU dan meminta semua pihak sabar untuk menunggu hasil resmi penghitungan suara tersebut.

"Semua sepakat untuk saling menghargai dan menunggu hasil penghitungan yang dilakukan penyelenggara pemilu. Tensi politik harus diturunkan pascapemungutan suara karena semua bersaudara dan menjaga suasana tetap kondusif," katanya.

Untuk menurunkan suhu politik, Polres Jember menggelar deklarasi damai pascapemungutan suara untuk menciptakan situasi Jember yang aman, damai dan sejuk dengan mengundang KPU Jember, Bawaslu,  TKD Jokowi-Amin, BPD Prabowo-Sandi, pimpinan partai politik dan tokoh agama di salah satu hotel di Kabupaten Jember, pada Jumat (19/4) malam.

"Kami mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama sabar, sama-sama menunggu keputusan resmi dari KPU, sehingga tidak ada tindakan yang bisa meresahkan masyarakat pascapemungutan suara," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.

Ia mengimbau semua pihak sama-sama bisa menciptakan suasana yang kondusif dan setelah keputusan resmi KPU tentang hasil penghitungan suara pun diharapkan tidak ada euforia kemenangan yang berlebihan dan mereka yang kalah juga mematuhi putusan itu, sehingga bisa menjunjung tinggi menang bermartabat dan kalah terhormat.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019