counter

Kebersamaan dengan anak bantu lepas stres

Kebersamaan dengan anak bantu lepas stres

Orang tua bermain bersama anaknya di "booth sensory corner" pada Zwitsaland, Jakarta Selatan, Sabtu (20/04/2019). (ANTARA News/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Kebersamaan dengan buah hati ​​​​bermanfaat bagi para orang tua untuk melepaskan penat dan stres selain meningkatkan kepercayaan diri dan tumbuh kembang anak.

"Kami ingin membuat kebersamaan para orang tua dengan anak menjadi hal yang tidak monoton,  tapi menjadi investasi menciptakan kelekatan momen bersama si kecil," kata Manajer Merek Zwitsal Karamita Darusman di Jakarta, Sabtu.

Karamita menjelaskan kegiatan seperti bermain musik, memasak, hingga pijat dan manicure, untuk si kecil yang masih berusia 0-18 bulan dapat mengasah aktivitas sensoris, selain kegiatan dalam science house, booth fashion, dan traveling yang digelar Zwitsal pada 20-21 April.

Aktivitas-aktivitas itu, lanjut Karamita, dapat membantu orang tua menghabiskan momen bersama anak dengan lekat tanpa terasa monoton. Orang tua juga diminta menciptakan kelekatan dengan putra-putri mereka dari mengerjakan hal-hal kecil.

"Bentuk booth-booth di Zwitsaland ini seperti rumah. Kami mengajak para orang tua tidak perlu jauh-jauh keluar rumah, cukup mengerjakan aktivitas yang ada di sini agar anak menjadi kreatif," kata Karamita tentang kegiatan di Jakarta Selatan itu.

Baca juga: Ananda Sukarlan: musik penting bagi perkembangan karakter anak

Psikolog anak Chitra Annisya, M Psi, mengatakan kelekatan antara anak dan orang tua melalui kegiatan bersama dapat menciptakan rasa percaya diri untuk sang buah hati.

"Melalui kegiatan bersama seperti itu, kita juga bisa memahami si kecil karena memberi rasa aman sehingga dapat lebih percaya diri," kata Chitra Anissya.

Sementara, Puteri Indonesia 2004 Artika Sari Devi juga mengatakan kegiatan membangun kelekatan itu bisa menjadi pelepas penat bagi orang tua yang sibuk bekerja.

"Kegiatan bersama menjadi medium untuk melepas penat walaupun terbatas waktunya," kata Artika yang punya dua anak yaitu Abby dan Zoe.

Baca juga: Menkes: Anak kurang kasih sayang jadi pembenci

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Balita & orang tua di Kalbar rentan terkena ISPA

Komentar