counter

Metropolitan

Siswa SMP 228 keluhkan sulitnya soal UNBK Matematika

Siswa SMP 228 keluhkan sulitnya soal UNBK Matematika

Siswa SMP 228 Kemayoran saat UNBK SMP hari kedua (Foto ANTARA/ Alya Rahma Widyanti)

Jakarta (ANTARA) - Ujian Nasional Berbasis Komputer hari kedua dengan mata pelajaran Matematika dirasa sulit oleh sejumlah siswa SMP 228 Kemayoran.

"Soalnya beda jauh sama prediksi soal dan latihan soal tahun 2018", kata Aisyah salah satu pelajar di SMPN 228 Kemayoran Jakarta, Senin.

Dia mengaku soal prediksi dan soal latihan 2018 yang sudah dicoba kerjakan sangat berbeda jauh dengan soal UNBK.

Biasanya jika mengerjakan soal latihan 2018 dia merasa mampu mengerjakan namun untuk UNBK ini dia merasa tidak percaya diri karena soal yang jauh berbeda.

Dia juga mengatakan waktu yang diberikan tidak cukup untuk mengerjakan soal matematika sebanyak 40 soal.

Hal ini juga dirasakan oleh Putri siswi SMPN 228 Jakarta, dia mengaku "blank" saat melihat soal UNBK yang jauh berbeda dengan prediksi dan soal latihan tahun lalu.

"Angka yang di soal terlalu tinggi membuat bingung dan banyak yang janggal karena jawaban B benar tapi yang C juga memungkinkan," kata Faliza

Dia juga merasa waktu yang diberikan tidak cukup untuk mengerjakan soal.

Faliza mengalami kesulitan karena saat mengerjakan komputer melakukan logout namun tetap berjalan sehingga membuat panik saat mengerjakan.

Padahal 5 menit sebelum waktu habis sudah harus logout agar jawaban bisa disimpan. Namun yang terjadi logout ini membuat waktu terbuang.

Pewarta: Ganet Dirgantara dan Alya Rahma Widyanti
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar