Tokyo (ANTARA) - Kurs dolar melayang di dekat level tertinggi 22 bulan terhadap mata uang lainnya di awal perdagangan Asia pada Rabu pagi, setelah data perumahan AS yang kuat semakin mengurangi kekhawatiran perlambatan di ekonomi terbesar di dunia.

Indeks dolar versus sekeranjang enam mata uang utama lainnya berdiri di 97,602 setelah naik menjadi 97,777 semalam (Selasa), tertinggi sejak Juni 2017.

Data yang menunjukkan penjualan rumah keluarga tunggal baru di AS melonjak mendekati tertinggi 1,5 tahun untuk Maret pada Selasa (23/4/2019) menambah sentimen positif baru-baru ini dalam penjualan ritel dan ekspor.

Euro, yang memiliki bobot terbesar dalam indeks dolar, menyentuh posisi serendah 1,1219 dolar AS setelah merosot 0,25 persen pada hari sebelumnya.

"Ekonomi Eropa terlihat sangat lemah relatif terhadap ekonomi AS dan ini menyoroti pelemahan euro," kata Takuya Kanda, manajer umum di Gaitame.Com Research.

"Amerika Serikat sekarang diperkirakan telah mengalami pertumbuhan yang kuat di kuartal pertama, memperkuat kekuatan dolar relatif terhadap euro."

Data PDB kuartal pertama AS pada Jumat (26/4/2019) dapat memperkuat kasus bahwa sementara periode ekspansi global saat ini berada pada tahap akhir, Amerika Serikat berada pada pijakan yang lebih kuat dibandingkan dengan negara-negara ekonomi terkemuka lainnya.

Dolar stabil di 111,855 yen setelah menderita kerugian ringan semalam, dibebani oleh penurunan imbal hasil obligasi perintah jangka panjang.

Dolar Australia sedikit berubah pada 0,7097 dolar AS setelah kehilangan 0,5 persen sehari sebelumnya menjelang laporan inflasi domestik yang diawasi ketat.

Data indeks harga konsumen (IHK) kuartal pertama Australia akan dirilis pada pukul 01.30 GMT dan analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan inflasi inti akan datang sekitar 1,7 persen - di bawah kisaran target bank sentral 2-3 persen.

Dolar Kanada berjuang di dekat level terendah empat minggu di 1,3443 dolar Kanada terhadap greenback semalam di tengah harapan bahwa Bank of Canada (BoC) akan melupakan bahasa yang menunjuk ke kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Bank sentral Kanada diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuannya stabil pada pertemuan kebijakan Rabu waktu setempat. Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa bank sentral terlihat memegang teguh kebijakannya setidaknya sampai awal 2020.

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019