Jakarta (ANTARA) - Petenis Belgia Elise Mertens dan Jelena Ostapenko dari Latvia adalah dua di antara para petenis yang keluar dari putaran pertama Porsche Tennis Grand Prix di Stuttgart, Selasa, di mana dua pemain papan atas menarik diri tanpa memainkan satu pertandingan pun.

Bagan pertandingan pada turnamen tersebut harus disusun kembali setelah petenis nomor dua dunia Simona Halep menarik diri karena cedera pinggul, sementara dua kali juara Grand Slam Garbine Muguruza juga mengundurkan diri karena sakit.

Mertens, yang mengalahkan Halep untuk memenangi gelar Qatar Open pada Februari, disingkirkan dalam dua set langsung oleh petenis Rusia Daria Kasatkina. Petenis berusia 21 tahun itu mengalahkan lawan dengan peringkat atas itu dengan skor 7-6(8), 7-5 dalam waktu dua jam kurang sedikit.

Meskipun Kasatkina melakukan sembilan kesalahan ganda dibanding empat yang dilakukan Mertens, ia memenangi lebih banyak poin pada servis pertama dan keduanya. Ia juga mempertahankan set point pada kedua set untuk meraih kemenangan pertamanya atas petenis 10 peringkat teratas sejak mengalahkan Angelique Kerber di Wimbledon tahun lalu.

Sementara itu, juara Prancis Open 2017 Ostapenko kalah 2-6, 6-4, 0-6 oleh rekan senegaranya Anastasija Sevastova. Ostapenko dipatahkan servisnya tujuh kali dalam pertandingan yang kedua petenisnya tidak ada yang melakukan servis dengan sangat baik.

Laura Siegemund yang pernah juara di Stuttgart menyudahi tantangan Lesia Tsurenko dengan kemenangan dua ste langsung 6-2, 6-2, sementara Andrea Petkovic mengalahkan petenis yang lolos kualifikasi Sara Sorribes Tormo 6-3, 6-4 untuk maju ke putaran berikutnya.

Peringkat satu dunia Naomi Osaka mengawali musim kompetisi lapangan tanah liat dengan mendapat bye pada putaran pertama di Stuttgart, dan juara AS dan Australia Open itu mengatakan tujuan utamanya adalah menghindari cedera menjelang Prancis Open bulan depan.

“Setiap lapangan atau (permukaan) lain, saya punya pengalaman lebih dibanding yang saya punya pada lapangan tanah liat karena sejujurnya, setiap saat saya datang ke sini saya mengalami cedera,” kata Osaka kepada wartawan. “Saya berharap itu tidak terjadi tahun ini.

"Setiap musim (kompetisi) lapangan tanah liat saya kehilangan pada setidaknya satu turnamen. Sehingga jujur saja, tujuan utama saya adalah untuk tidak cedera dan hanya berlanjut hingga Prancis Open."

Dengan absennya Halep, Osaka hanya membutuhkan memenangi pertandingan pertamanya untuk mempertahankan peringkat satunya. Akan tetapi, jika ia kalah pada pertandigan pertamanya dan Petra Kvitova memenangi gelar, petenis Ceko itu akan dimahkotai sebagai peringkat satu dunia.

Baca juga: Mertens cetak kemenangan mengejutkan dari Halep

Baca juga: Muguruza pertahankan gelar Monterrey setelah Azarenka cedera


 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019