counter

Akuatik

Adinda Larasati tercepat di 800m gaya bebas putri

Adinda Larasati tercepat di 800m gaya bebas putri

Perenang nasional asal Jawa Timur Adinda Larasati saat diwawancarai usai hari kedua kejuaraan nasional Festival Akuatik 2019 di Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (26/4/2019). (ANTARA/Aria Cindyara)

Diatur pace-nya dari awal, jadi enggak napsu di awal. Sabar
Jakarta (ANTARA) - Atlet renang nasional Adinda Larasati Dewi menungguli lawan-lawannya pada nomor 800 meter gaya bebas putri dalam kejuaraan nasional Festival Akuatik Indonesia 2019 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat.

Perenang unggulan asal Jawa Timur itu menjadi yang tercepat setelah menyelesaikan lomba dengan catatan waktu sembilan menit 2,74 detik (9:02,74), mengungguli atlet Riau, Azzahra Permatahani (9:07,04) dan perenang Jawa Barat, Raina Saumi (9:08,19) secara berurutan pada urutan kedua dan ketiga.

Pada awal dan pertengahan perlombaan, Adinda dan Azzahra bersaing sengit dengan bergantian mengungguli satu sama lain dengan selisih kurang dari satu detik pada setiap lap.

Namun, pada 100 meter terakhir, Adinda melesat meninggalkan saingannya, sehingga selisih catatan waktu akhir keduanya menjadi kurang lebih lima detik.

Adinda mengaku hal itu memang bagian dari strategi yang disiapkan untuk nomor 800 meter gaya bebas putri.

“Diatur pace-nya dari awal, jadi enggak napsu di awal. Sabar,” jelasnya.

Baca juga: Triadi belum puas dengan catatan waktu 100m gaya bebas

Ia sengaja mengatur kecepatan pada 700 meter pertama. Lalu pada 100 meter terakhir, ia mengerahkan tenaga yang telah ia simpan dan mempercepat gerakan sehingga melesat mengungguli Azzahra dan menepatkannya pada posisi kedua.

Adinda cukup puas dengan hasil yang diraihnya karena sesuai dengan strategi yang telah ia latih dan terapkan. Namun, catatan waktunya belum mendekati waktu terbaik nomor 800 meter gaya bebas putri, delapan menit dan 52 detik.

“Sebelum-sebelumnya juga aku baru dapat best time di awal tahun 2018, dan sampai akhir tahun belum bisa dapat lagi. Kali ini lumayan dekat ke best time,” jelasnya.

Best time Adinda dalam nomor ini juga tercatat sebagai catatan waktu tercepat dalam rekor nasional.

Kejuaraan nasional Festival Akuatik Indonesia 2019 digelar di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, pada 25-28 April.

Baca juga: Adinda Larasati tidak dibebani target medali di SEA Games 2019
 

BI Malang alokasikan Rp53 miliar penukaran uang baru

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar