Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Pencanangan HUT Kota Jakarta ke-492 Tahun di Taman O, Kelurahan Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu.

Pemprov DKI Jakarta mengambil tema "Wajah Baru Jakarta" pada ulang tahun yang ke-492 ini. Perubahan tersebut antara lain, beroperasinya MRT Jakarta, adanya Jembatan Penyeberangan Orang dengan desain yang unik, trotoar yang dibuat lebih lebar, integrasi moda transportasi dan lain-lain.

"Hari ini kita bersyukur bisa bersama-sama di sini untuk pencanangan ulang tahun Jakarta. Saya ingin garisbawahi Wajah Baru Jakarta bukan sekadar wajah baru fisiknya saja," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di lokasi.

Namun yang harus diingat bahwa di balik wajah baru fisik, ada cara pandang yang baru, yakni ingin kebaruan itu dimulai dari pikiran sampai pada perbuatan.

"Jadi, karena itu, dalam memperingati 492 tahun dengan tema 'Wajah Baru Jakarta', bukan sekadar fisiknya saja, tapi gagasan di balik itu," kata Gubernur.

Pencanangan HUT Kota Jakarta ke-492 memang dimulai lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, mengingat datangnya bulan Ramadhan dan Hari Besar Keagamaan Idul Fitri dalam waktu dekat.

Pencanangan HUT Kota Jakarta ke-492 ini dilaksanakan serentak di enam wilayah Kota/Kabupaten Administrasi, dengan rincian lokasi pelaksanaan sebagai berikut:
Pencanangan Provinsi dilaksanakan di Taman O Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Jakarta Pusat di Kolong Stasiun Sudirman, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Barat di RPTRA Kembangan, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Selatan di Taman Maju Bersama Asakinah, Kelurahan Kebagusan, Jakarta Utara di Kampung Aquarium;
dan Kepulauan Seribu, di Lapangan Bola Pulau Kelapa.

Untuk pelaksanaan pencanangan tingkat Provinsi, dilaksanakan pula peresmian taman yang dijadikan lokasi pencanangan dengan nama
“Taman O”, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019