Tugas pengamanan ini adalah tugas kemanusiaan, apa nanti yang kita hadapi adalah warga kita, adalah masyarakat kita, adalah saudara kita
Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto menilai tugas pengamanan Hari Buruh Internasional (May Day) sebagai tugas kemanusiaan.

"Tugas pengamanan ini adalah tugas kemanusiaan, apa nanti yang kita hadapi adalah warga kita, adalah masyarakat kita, adalah saudara kita, " kata Budhi dalam Apel Gabungan Pengamanan May Day 2019 Jakarta Utara, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Budhi juga mengimbau para peserta apel untuk mendukung dan membantu agar peringatan Hari Buruh bisa berjalan dengan lancar dan tertib.

Baca juga: Kapolda tinjau peringatan May Day di Jakarta

"Saudara-saudara kita dari para buruh, hari ini merayakan Hari Buruh Internasional, oleh karena itu mari kita dukung dan kita bantu saudara-saudara kita dalam pelaksanaan peringatan hari ini," tuturnya.

Dia juga mengucapkan selamat Hari Buruh dan mempersilakan para buruh untuk menyampaikan segala aspirasi dan keinginan mereka, seraya mengingatkan agar dalam penyampaiannya tidak mengganggu masyarakat yang melaksanakan kegiatan lainnya.

Baca juga: 1.300 personel gabungan jaga May Day di Jakarta Utara

Kapolres Metro Jakarta Utara itu juga mengatakan untuk menjamin keamanan penyelenggaraan May Day di Jakarta Utara, sebanyak 1.300 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan Pemerintah Kota Jakarta Utara.

TNI telah mengerahkan tiga batalyon dalam pengamanan Hari Buruh, antara lain Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud), Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Marhanlan), dan Batalyon Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Sedangkan Polri mengerahkan lima satuan setingkat kompi (SSK), terdiri dari Brimob, Polres Metro Jakarta Utara, dan Satlantas Wilayah Jakarta Utara.

Baca juga: Bunderan HI "steril" dari demonstrasi Hari Buruh Sedunia

Pemkot Jakarta Utara akan Satuan Polisi Pamong Praja, Suku Dinas Pehubungan, Pemadam Kebakaran hingga Pokdarkamtibmas (Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2019