Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Bangka, M. Hasan di Sungailiat, Rabu mengatakan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019 merupakan hasil rekapitulasi yang penghitungan berjenjang dari tingkat TPS, PPK dan KPU.

"Kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi ini merupakan penghitungan suara berjenjang yang sebelumnya mulai tanggal 17 April 2019 sudah dilakukan ditingkat TPS," katanya.
 
Dia akuinya, pelaksanaan pemilu 2019 cukup menyita waktu, pikiran dan tenaga bahkan korban jiwa karena pekerjaan yang melelahkan.

"Pada pelaksanaan pemilu 2018, saya perkirakan angka partisipasi mencapai 80 persen atau melampaui target yang ditetapkan yakni 77.5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 200 ribu lebih," jelasnya.

Dia mengingatkan seluruh saksi dari partai politik peserta pemilu agar menyiapkan data untuk menyamakan data perolehan suara hasil rekapitulasi setiap tahapan.

"Saya minta seluruh saksi dari masing-masing partai politik peserta pemilu untuk menyiapkan data, jangan sampai ada yang memberikan sanggahan atas perhitungan tanpa ada data," jelasnya.

Pihaknya memberikan apresiasi ke seluruh peserta pemilu dan pihak lain yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu 2019, yang dapat menjaga kondisi kondusif meskipun diakuinya banyak terjadi gesekan.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019