Dalam logistik, orang semakin menginginkan layanan yang lebih cepat, lebih instan
Jakarta (ANTARA) - Pasar perusahaan logistik pengiriman paket di Indonesia akan semakin berkembang pesat sehingga berbagai perusahaan jasa layanan pengiriman dinilai harus selalu menghasilkan inovasi guna menciptakan pengiriman yang lebih cepat.

"Dalam logistik, orang semakin menginginkan layanan yang lebih cepat, lebih instan," kata Co-Founder dan President Bukalapak (perusahaan unicorn e-commerce nasional) Fajrin Rasyid, dalam acara peluncuran kerja sama Bukalapak-Paxel "Same Day Delivery" di Jakarta, Jumat.

Menurut Fajrin Rasyid, solusi yang inovatif merupakan hal yang penting sebab para pelanggan mereka selalu mencari keandalan jasa logistik guna menghadapi tantangan pengiriman barang yang mereka hadapi.

Apalagi, ia mengingatkan bahwa berdasarkan kajian lembaga internasional McKinsey, Indonesia pada tahun 2022 diperkirakan bakal mengirimkan hingga sekitar 1,6 miliar paket per tahun.

"Ini menurut saya hasil perkiraan survey yang konservatif, karena sebenarnya bisa lebih banyak dari itu," ujar Fajrin.

Ia mengungkapkan, data Bank Indonesia juga menunjukkan bahwa bisnis e-commerce meningkat sekitar dua kali lipat pada 2018 dibanding tahun sebelumnya.

Untuk itu, ujar dia, Bukalapak juga membuka kerja sama dengan perusahaan rintisan logistik berbasis teknologi pertama asal Indonesia, Paxel, untuk menghadirkan "same day delivery" atau pengiriman dalam satu hari.

"Orang yang menggunakan 'same day delivery', kemungkinan mereka berbelanja lebih sering dari mereka yang tidak menggunakannya," ucapnya.

Sementara itu, Co-Founder Paxel, Zaldy Ilham Masita, menyatakan "same day delivery" atau pengiriman di hari yang sama merupakan tren yang lumayan besar, dana akan membuat para pedagang di Bukalapak untuk berjualan lebih besar lagi.

Zaldy Ilham Masita mengutarakan harapannya agar kerja sama dengan teknologi Paxel ini juga akan bisa lebih memajukan UKM.

"Dengan same day delivery, maka RoI (Return of Investment/tingkat pengembalian modal) bisa empat kali lebih cepat dibanding pengiriman reguler," ujar Zaldi.

Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini, sekitar 70 persen pembeli dan penjual banyak yang beralih ke mekanisme "same day delivery" atau pengiriman satu hari.

Kerja sama ini dapat membuat pelanggan Bukalapak menikmati layanan pengiriman oleh Paxel di hari yang sama dalam rentang waktu 8 jam untuk dalam kota dan 10-15 jam untuk antarkota.

Saat ini, layanan "same day delivery" tersedia di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya dan Denpasar, serta akan terus berkembang ke berbagai kota lainnya ke depannya.

Baca juga: Pasar lokal industri logistik dinilai cukup besar

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019