Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar melalui media sosial unggahan foto surat yang seolah-olah berasal dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi berisi tentang instruksi pemasangan spanduk dan baliho ucapan selamat atas kemenangan paslon tersebut dalam pilpres 2019.

Klaim      : Surat dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi yang isinya instruksi agar seluruh relawan memasang baliho dan spanduk ucapan selamat atas kemenangan Prabowo-Sandi.
Rating    :  Salah/Misinformasi

Penjelasan
Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengatakan tidak pernah mengeluarkan instruksi kepada para relawan untuk memasang spanduk atau baliho ucapan selamat atas terpilihnya Prabowo dan Sandiaga Uno sebagai presiden-wakil presiden.

"Surat edaran itu tidak benar. BPN Prabowo-Sandi tidak pernah mengeluarkan surat tersebut," kata juru debat BPN Prabowo-Sandi, Dian Fatwa di Jakarta, Jumat (3/5).

Dia mengatakan BPN tidak pernah mengeluarkan surat instruksi tersebut dan sudah beredar sejak Rabu (30/4).

Dian mengatakan, untuk mengklarifikasi hal tersebut, BPN Prabowo-Sandi telah mengeluarkan surat resmi nomor: 086/BPN/PS/V/2019.

Dalam surat resmi tersebut, BPN menegaskan bahwa "surat instruksi" yang beredar luas merupakan surat palsu dan tidak bersumber dari BPN Prabowo-Sandi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri hingga saat ini masih melakukan penghitungan manual dan rekapitulasi hasil pemungutan suara pada hari pemungutan suara 17 April 2019 lalu.

Cek fakta: BPN bantah keluarkan instruksi pasang spanduk ucapan selamat
Cek fakta: Pengamanan KPU diperketat saat rekapitulasi nasional
 
Tangkapan layar klarifikasi hoaks subdit pengendalian konten internet Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pewarta: Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019