Saya cukup 'surprise' juga. Tingkat kehadiran PNS Pemprov Jabar masih sangat tinggi, berdasarkan rekapitulasi kehadiran, mencapai nyaris 100 persen
Bandung (ANTARA) - Tingkat kehadiran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jawa Barat pada hari pertama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah/2019 Masehi mencapai hampir 100 persen, kata Sekretaris Daerah Jabar, Iwa Karniwa.

"Saya cukup 'surprise' juga. Tingkat kehadiran PNS Pemprov Jabar masih sangat tinggi, berdasarkan rekapitulasi kehadiran, mencapai nyaris 100 persen," katanya seusai menghadiri rapat pimpinan Gedung Sate Bandung, Senin.

Dia mengapresiasi capaian absensi ASN tersebut karena hal tersebut menandakan semangat kerja ASN ini tidak terpengaruh dengan kondisi suasana bulan puasa.

Iwa menuturkan, dari informasi yang diterimanya jumlah ASN yang hadir pada saat apel pagi  sebanyak 769 orang dan hanya satu orang yang absen.

"Dan itu pun yang absen sedang dalam keadaan dinas. Artinya puasa tetap dijalani dengan baik. Rekan-rekan ASN menunjukkan semangat pelayanan yang tinggi," katanya.

Ia mengatakan bahwa elatif tidak ada perubahan kerja yang siginifikan meski jam kerja pada Senin hingga Kamis dimulai sejak pukul 07.30 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB.

Sementara pada hari Jumat, PNS mulai masuk kerja pada 07.30 WIB dan pulang 15.00 WIB.

"Jadi OPD yang memberlakukan enam hari kerja jam masuknya tetap sama namun pulangnya pukul 14.00 WIB kecuali Jumat 07.30 WIB hingga 14.30 WIB karena ada istirahat untuk shalat Jumat," kata dia.

Iwa berpesan jangan sampai karena sedang berpuasa produktivitas PNS menjadi berkurang.

"Dan saya juga meminta PNS tetap memprioritaskan pelayanan publik," demikian Iwa Karniwa.

Baca juga: MUI Jabar imbau masyarakat jauhi perilaku konsumtif

Baca juga: Tingkat kehadiran ASN Jabar mencapai 99,2 persen

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019